Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sterilisasi Busway Hasilnya Baru Terlihat Tahun Depan

Sterilisasi busway sebagai salah satu langkah rekayasa lalu lintas (traffic management) baru bisa menunjukkan hasilnya saat tambahan armada bus transjakarta dan bus sedang mulai beroperasi tahun depan.

Bisnis.com, JAKARTA--Sterilisasi busway sebagai salah satu langkah rekayasa lalu lintas (traffic management) baru bisa menunjukkan hasilnya saat tambahan armada bus transjakarta dan bus sedang mulai beroperasi tahun depan.

Sterilisasi ini ditempuh pemprov sebagai persiapan datangnya armada tambahan bus sedang dan bus transjakarta.

Tujuan program ini adalah mengurangi kepadatan kendaraan bermotor di DKI melalui pengalihan penggunaan kendaraan pribadi ke transportasi publik.

Udar Pristono, Kepala Dinas Perhubungan Pemprov DKI, mengatakan saat ini Pemprov DKI telah mendatangkan lebih dari 600 unit bus sedang dan transjakarta yang rencananya beroperasi tahun depan.

Secara rinci, tambahan armada bus sedang sebanyak 346 unit dan berfungsi sebagai angkutan pengumpan (feeder) bagi angkutan transjakarta.

Adapun, tambahan armada bus transjakarta yang datang sebanyak 310 unit.

"Jangan diukur sekarang hasilnya [program sterilisasi] karena busnya belum optimal jumlah. Januari [2014] waktu bus barunya jalan saya baru bisa ngomong hasilnya," katanya di Balai Kota, Senin (18/11/2013).

Udar mengemukakan jika penambahan armada bus transjakarta dan bus pengumpannya digabung dengan sterilisasi busway, hal ini diharapkan bisa memperbaiki pelayanan transportasi publik DKI.  (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hedwi Prihatmoko
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper