Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kadin DKI Gandeng Jepang Kembangkan UKM & Lingkungan

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Yamaguchi Industrial Promotion Foundation terkait penguatan Usaha Kecil Menengah (UKM) dan pelestarian lingkungan di Ibu Kota.

Bisnis.com, JAKARTA—Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Yamaguchi Industrial Promotion Foundation terkait penguatan Usaha Kecil Menengah (UKM) dan pelestarian lingkungan di Ibu Kota.

Ketua Kadin DKI Eddy Kuntadi mengatakan kerja sama ini bersal dari inisiatif Japan External Trade Organization (JETRO) Yamaguchi Prefecture yang peduli dalam bidang lingkungan hidup dan UKM.

“Kerja sama ini kita lakukan karena mereka memiliki ide mengenai teknologi lingkungan dan pemberdayaan UKM yang bisa diterapkan di sini,” ujar Eddy seusai penandatanganan MoU di Kantor Kadin DKI, Selasa (4/11/2014).

Dijelaskan Eddy, kerja sama ini merupakan salah satu peluang untuk mengembangkan UKM dan memelihara lingkungan, di mana sumber daya yang ada di DKI dipadukan dengan teknologi dari Jepang.

Dalam bidang UKM, saat ini dari sekitar  25.000 UKM di DKI, baru sekitar 5.000an UKM yang mendapat perhatian dari pemerintah. Oleh karena itu, dukungan dari semua pihak, termasuk bantuan dari Jepang sangat dibutuhkan untuk pengembangan UKM.

“Apalagi untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean 2015 dibutuhkan pembinaan. Kekuatan UKM dalam menopang ekonomi negara tinggi, oleh karena itu harus benar-benar diperhatikan,” katanya.

Sedangkan dari segi lingkungan, Yamaguchi Industrial Promotion Foundation menawarkan bagaimana energi hijau menjadi kekuatan untuk mengatasi persoalan-persoalan di Jakarta, seperti banjir.

Lebih lanjut, setelah penandatanganan MoU ini akan ada tindak lanjut berupa pengenalan teknologi dan produk-produk yang dapat diproduksi di DKI.

Vice President Yamaguchi Industrial Promotion Foundation Toshaki Mori menyatakan kerja sama dengan Kadin DKI ini berlangsung cepat, hanya tiga bulan setelah pihaknya melakukan penelitian mengenai proyek berbasis lingkungan di Indonesia.

Pihaknya tertarik bekerjasama karena menilai Indonesia memiliki banyak sumber daya alam serta penduduk yang besar, kedua faktor tersebut merupakan faktor penting suatu negara dapat berkembang.

“Kami berharap kerja sama ini tidak hanya dengan Kadin DKI, namun juga berlanjut untuk proyek-proyek di seluruh Indonesia,” harap Mori.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper