Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RUMAH VERTIKAL: Kerjasamakan Penyediaannya Dengan Perumnas

Pemerintah perlu kaji kemitraan dengan Perum Perumnas guna meningkatkan ketersediaan rumah vertikal di kota satelit seperti Tangerang dengan menyiapkan skema insentif khusus.n
 Ilustrasi./
Ilustrasi./

Bisnis.com, TANGERANG— Pemerintah perlu mengkaji kemitraan dengan Perum Perumnas guna meningkatkan ketersediaan rumah vertikal di kota satelit seperti Tangerang dengan menyiapkan skema insentif khusus.

Pengamat Perkotaan Universitas Trisakti Yayat Supriatna berpendapat peningkatan ketersediaan rumah tersebut bisa diupayakan melalui kerja sama dengan Perum Perumnas sebagai penggarap proyek sembari memberikan perusahaan umum ini insentif khusus.

"Harus ada tugas dari pemerintah kepada Perumnas. Fasilitasi Perumnas dengan insentif. Tujuan rumah MBR ini sosial atau bisnis, kalau sosial jangan dikasih ke swasta," ujarnya kepada Bisnis, Kamis (16/4/2015).

Insentif yang dimaksud bisa dengan memfasilitasi Perumnas dari segi penyediaan lahan. Sebagai contoh, proyek rumah vertikal untuk MBR dibangun dengan memanfaatkan tanah negara atau badan usaha milik daerah sehingga harga jualnya betul-betul terjangkau.

Selain itu juga pemerintah harus bersedia menyokong dalam hal pengadaan infrastruktur umum semisal jalan, instalasi air bersih, dan fasilitas ketenagalistrikan. Penyediaan infrastruktur ini mempermudah pengembang merealisasikan proyek.

"Jadi yang terpenting sekarang adanya kebijakan khusus untuk kemudahaan pengadaan tanah, suku bunga rendah, dan dukungan infrastruktur," kata Yayat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper