Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Tangerang Aplikasikan Sistem Komputerisasi Kartu Kuning

Pemerintah Kota Tangerang mulai menerapkan sistem komputerisasi dalam pembuatan kartu kuning bagi para pencari kerja di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Tangerang.

Bisnis.com, TANGERANG - Pemerintah Kota Tangerang mulai menerapkan sistem komputerisasi dalam pembuatan kartu kuning bagi para pencari kerja di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Tangerang.

Dengan sistem ini, Pemkot Tangerang mengharapkan penerapan sistem komputerisasi tersebut membuat pelayanan menjadi lebih cepat dan pencari kerja tidak tak perlu direpotkan dengan membawa banyak berkas.

Kabid Penempatan dan Perluasan Kerja Disnaker Kota Tangerang Mahdiar mengatakan penerapan sistem komputerisasi ini mulai dilaksanakan pada awal Januari 2016, setelah aplikasinya selesai dibuat oleh Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo).

"Pekerja yang biasanya datang ke kantor Disnaker dengan membawa berkas data diri dan pas foto, tetapi kali ini cukup dengan melampirkan identitas diri yang diinput secara langsung ke komputer," katanya, Jumat (15/1/2016).

Begitu pula dengan foto, dirinya mengungkapkan pencari kerja bisa langsung mencetak foto ddi Disnaker karena pihaknya telah menyediakan kamera yang ditempatkan di layar komputer untuk langsung memotret pencari kerja.

"Nanti petugas akan menanyakan langsung data diri pemohon kartu kuning yang di cocokan dengan KTP. Setelah data lengkap, kartu kuning langsung dicetak," ujarnya.

Dengan adanya sistem ini, kata dia, maka proses pembuatan kartu kuning menjadi lebih cepat dan efesien serta peningkatan pelayanan. Tak hanya itu, pembuatan satu kartu kuning hanya membutuhkan waktu kurang lebih lima menit.

Berdasarkan data Disnaker, jumlah pemohon kartu kuning di Kota Tangerang mencapai 200 orang setiap harinya. Jumlah tersebut berpotensi melonjak hingga dua kali lipat saat periode kelulusan sekolah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper