Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kadin DKI Cari Sosok Gubernur yang Akomodatif terhadap Pengusaha

Jelang gelaran Rapat Pimpinan Provinsi (Rapimprov) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta ketiga, pada 22 Maret 2016 di Hotel Mercure Kemayoran, sejumlah aspirasi pengusaha mulai mencuat termasuk berkaitan dengan Pilkada DKI 2017.
Kota Jakarta/Antara
Kota Jakarta/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Jelang gelaran Rapat Pimpinan Provinsi (Rapimprov) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta ketiga, pada 22 Maret 2016 di Hotel Mercure Kemayoran, sejumlah aspirasi pengusaha mulai mencuat termasuk berkaitan dengan Pilkada DKI 2017.

Sarman Simanjorang, Wakil Ketua Umum Kadin DKI Jakarta mengatakan salah satu aspirasi yang berkembang adalah keinginan pelaku usaha yang menginginkan sosok gubernur yang mampu mengakomodasi harapan pengusaha untuk lebih kompetitif di era Masyarakat Ekonomi Asean.

"Kami menginginkan gubernur yang akomodatif terhadap harapan pengusaha agar lebih kompetitif di era MEA ini," tuturnya dalam siaran pers , Sabtu (19/3/2016).

Sebab, lanjut Sarman, Jakarta sebagai ibu kota negara tidak hanya sebagai pusat perekonomian bagi Indonesia, tetapi juga sebagai pusat perdagangan, investasi, pariwisata dan jasa bagi kawasan regional Asean, dengan jumlah penduduk terbesar dan sumber daya alam terbanyak di kawasan ini.

Pihaknya mengatakan bahwa selain Pilkada langsung di DKI Jakarta menjadi bahan pembahasan, Rapimprov ketiga Kadin DKI Jakarta juga akan membahas permasalahan penting lainnya, seperti revisi Daftar Negatif Investasi (DNI) dan UU Tapera.

Menurutnya, Rapimprov Kadin DKI 2016 akan mengambil tema 'Mewujudkan Jakarta sebagai pusat perdagangan dan jasa di Asean' dan subtema 'Mendorong percepatan pengembangan infrastruktur Jakarta yang modern, SDM yang berkualitas dan harmonisasi regulasi, agar menjadi pusat perdagangan dan jasa yang kompetitif.

"Kami akan bahas berbagai kebijakan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terkait dengan pembangunan infrastruktur, sumber daya manusia (SDM), regulasi-regulasi yang tidak probisnis," ujarnya.

Menurut rencana Rapimprov kadin DKI Jakarta 2016 akan dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang dilanjutkan dengan penandatanganan MOU antara Pemprov DKI Jakarta dengan Kadin DKI Jakarta tentang Pengembangan Bidang Perekonomian dan Infrastruktur, dan juga pencanangan/deklarasi 'Pengusaha Jakarta Anti Narkoba'.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper