Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tangerang Raih Penghargaan Otonomi Daerah Terbaik

Pemerintah Kota Tangerang kembali mendapatkan apresiasi atas kinerja dengan predikat tinggi dalam penyelenggaraan otonomi daerah dari Pemerintah Provinsi Banten.
Wali kota Tangerang Arief Wismansyah1/tangerangkota.go.id
Wali kota Tangerang Arief Wismansyah1/tangerangkota.go.id

Bisnis.com, TANGERANG - Pemerintah Kota Tangerang kembali mendapatkan apresiasi atas kinerja dengan predikat tinggi dalam penyelenggaraan otonomi daerah dari Pemerintah Provinsi Banten.

"Ini menjadi motivasi kami di Pemkot Tangerang dalam rangka memberikan pelayanan  yang terbaik bagi masyarakat. Penilaian ini juga kami harapkan benar-benar menjadi sebuah tolak ukur, bahwa Pemkot Tangerang terus berupaya melakukan inovasi  pelayanan bagi masyarakat," kata Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah di Tangerang, Jumat (20/5/2016).

Dalam beberapa tahun terakhir, Pemkot Tangerang  terus menunjukkan komitmennya dalam membenahi pelayanan publik, dimulai dari peningkatan kualitas pelayanan dengan menerapkan pelayanan online, program desentralisasi pelayanan publik, penyediaan pelayanan administrasi kependudukan, dan perijinan keliling.

"Termasuk peningkatan SDM aparat, kami juga menerapkan metode coaching dan mentoring sehingga atasan selain harus mampu mendelegasikan tugas juga harus mampu membimbing dan mengarahkan stafnya," ungkapnya.

Pelaksanaan otonomi daerah di Tangerang sangat erat kaitannya dengan penerapan sejumlah kemudahan pelayanan berbasis teknologi. Pada tahun ini, Pemkot Tangerang sudah masuk dalam tahapan kedua dalam integrasi aplikasi yang ditandai dengan peresmian Tangerang Live Room (TLR) beberapa waktu lalu.

Hingga saat ini, Tangerang telah memiliki setidaknya 130 aplikasi dengan berbagai platform teknologi yang saling terintegrasi. Sebagai bagian dari upaya reformasi birokrasi, pemkot telah melakukan serangkaian terobosan antara lain pelimpahan izin ke kecamatan, pembayaran pajak online, arsip online, dan renovasi jalan dalam sehari.

“Sekarang masuk integrasi aplikasi tahap II. Investasi untuk mewujudkan konsep kota pintar di Kota Tangerang memang tidak mudah dan membutuhkan biaya yang cukup besar. Untuk membangun TLR atau ruang pemantauan aplikasi dibutuhkan dana senilai Rp3 miliar,” jelasnya.

Sebelumnya, Pemkot Tangerang juga baru saja mendapatkan penghargaan terkait pelaksanaan evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah (EKPPD) dari pemerintah pusat. Tak hanya itu, sebuah media nasional juga turut mengganjar Tangerang sebagai pemenang penghargaan atas pelaksanaan otonomi daerah terbaik. 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler