Siap-siap, Sanksi Tilang Pelanggar Ganjil-Genap Berlaku 30 Agustus

Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan masa uji coba pelaksanaan pembatasan kendaraan pribadi dengan sistem plat nomer Ganjil-Genap telah satu bulan terlaksana.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 25 Agustus 2016  |  18:09 WIB
Siap-siap, Sanksi Tilang Pelanggar Ganjil-Genap Berlaku 30 Agustus
Sejumlah petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta melakukan sosialisasi kembali kawasan ganjil-genap di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Senin (8/8). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan, masa uji coba pelaksanaan pembatasan kendaraan pribadi dengan sistem pelat nomor ganjil-genap telah satu bulan terlaksana.

Untuk itu, Dishubtrans DKI dan Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) melaksanakan rapat evaluasi uji coba sistem ganjil-genap yang dimulai 27 Juli-23 Agustus tersebut dilakukan pada sore ini, Kamis (25/8/2016).

"Hasil evaluasi pelaksanaan sistem tersebut efektif atasi kemacetan lalu lintas. Waktu tempuh perjalanan pada koridor Ganjil-Genap mengalami penurunan 19%. Yang tadinya rata-rata 18 menit kini menjadi 14,6 menit," ujarnya, Kamis (25/8/2016).

Dia menuturkan, volume lalu-lintas secara keseluruhan terjadi penurunan rata-rata sektor 15% pada empat lokasi titik pengamatan. Artinya, berkurangnya volume lalu-lintas akan mengurangi kepadatan di jalan.

Selain itu, penurunan waktu tempuh perjalanan dan kecepatan berkendara pun meningkat 20%. Alhasil, arus lalu-lintas pun semakin lancar.

"Kecepatan berkendara meningkat 20 persen dari rata-rata 24,6 km/ jam menjadi 28,90 km/jam," imbuhnya.

Dengan demikian, Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI akan menerapkan saksi sesuai ketentuan bagi pemilik kendaraan yang melanggar sistem Ganjil-Genap mulai 30 Agustus 2016 mendatang.

"Sanksi tilang akan diberlakukan mulai 30 Agustus 2016," kata Andri.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ganjil genap, Dishubtrans

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top