Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARI ANAK JAKARTA MEMBACA: Anak-Anak Jakarta Bergembira di Kantor Ahok

Ratusan anak yang berasal dari berbagai wilayah di Jakarta menyerbu Kantor Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama untuk merayakan peringatan puncak Hari Anak Jakarta Membaca (Hanjaba).
Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok bersama anak-anak./Beritajakarta
Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok bersama anak-anak./Beritajakarta

Bisnis.com, JAKARTA -  Ratusan anak yang berasal dari berbagai wilayah di Jakarta "menyerbu" Kantor Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama untuk merayakan peringatan puncak Hari Anak Jakarta Membaca (Hanjaba).

Pantauan Antara, Balaikota Jakarta yang terletak di Jalan Merdeka Selatan Jakarta Pusat, Sabtu (17/9/2016), khususnya di kawasan Balai Agung dipenuhi ratusan anak dan tamu undangan.

Mereka berebut untuk bisa berfoto bersama Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sekaligus berwisata di gedung Balaikota yang merupakan salah satu cagar budaya di Jakarta.

Sabtu pagi menjadi hari yang bersejarah karena merupakan puncak peringatan Hanjaba 2016.

Sebelumnya, Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DKI Jakarta Tinia Budiati mengatakan peringatan Hanjaba tahun ini bertepatan dengan dicanangkannya DKI Jakarta sebagai provinsi literasi pertama di Indonesia.

"Salah satu misinya adalah membaca lima juta buku dan mempublikasikan satu juta buku dalam satu tahun," katanya.

Ia menambahkan Hanjaba merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan literasi dan menumbuhkan minat, kegemaran, kebiasaan, dan budaya baca masyarakat DKI Jakarta.

Hanjaba tahun ini mengambil tema Apresiasi Literasi Digital yang bermakna apresiasi terhadap perkembangan dunia perpustakaan dan literasi yang terus bertransformasi dari media cetak yang konvensional menuju media elektronik yang digital.

Tujuan penyelenggaraan Hanjaba yakni untuk memasyarakatkan perpustakaan, meningkatkan pemahaman pentingnya membaca dalam menambah pengetahuan, memperluas wawasan, dan menemukan hal-hal yang dapat mengubah kehidupan dan menumbuhkembangkan minat, kegemaran, kebiasaan, dan budaya baca bagi warga DKI Jakarta.

Hanjaba tahun ini diwarnai berbagai kegiatan yaitu lomba mewarnai cover buku bagi anak SD, membuat komik bagi anak SMP, menulis resensi buku bagi anak SMA, dan menulis konten blog untuk umum.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Gubernur Ahok itu dihadiri 909 orang terdiri dari 273 peserta lomba dan 636 undangan lainnya.

Acara juga dimeriahkan dengan Pameran Filateli, Pameran Robotic Sekolah Robotic Explorer, dan penandatanganan Prangko PT Pos Indonesia, penampilan grup band anak panti Dinas Sosial, foto bersama Gubernur, wisata balaikota, displai iJakarta corner, penelusuran arsip IMB, konservasi arsip, demo lomba-lomba Hanjaba, dan wisata kuliner khas Betawi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper