Pendatang Baru di Ibukota Usai Lebaran Diprediksi Berkurang

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta memperkirakan jumlah pendatang baru menuju Ibukota usai Idul Fitri tahun ini akan menurun dibanding tahun lalu.
Anitana Widya Puspa | 27 Juni 2017 13:49 WIB
Pendatang baru di Jakarta - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta memperkirakan jumlah pendatang baru menuju Ibukota usai Idul Fitri tahun ini akan menurun dibanding tahun lalu.

Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Edison Sianturi mengatakan hal itu berkaca oada kondisi yang terjadi semenjak dua tahun belakangan dimana tren pendatang baru dari daerah ke Ibukota terus menurun.

"Pada 2015, jumlah pendatang baru di Jakarta mencapai 70.504 orang. Kemudian pada 2016 turun menjadi 68.763 orang," katanya melalui keterangan resmi, Selasa (27/6/2017)

Sementara itu, pada tahun ini diperkirakan pendatang baru ke Jakarta mencapai 65 ribu orang.

Untuk mengetahui data pasti pendatang baru, lanjut Edison, akan dilakukan penghitungan berdasarkan jumlah pemudik dan arus balik yang didapat dari posko di tiap terminal, kapal laut, bandara, stasiun, pengelola tol dan petugas pemantauan di Poskotis Simpang Jomin.

Diungkapkan Edison, kemungkinan pendatang baru bakal terkonsentrasi di kawasan padat sekitar lokasi hiburan, perdagangan dan industri.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ibukota, pendatang baru

Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top