DKI Ajukan Anggaran Mesin Penyaring Air Bersih Pelabuhan Muara Angke

Pemprov DKI akan mengajukan anggaran untuk membangun instalasi penyulingan air laut menjadi air bersih untuk kawasan Pelabuhan Muara Angke pada tahun depan.
Kapal nelayan di pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara./Bloomberg-Dimas Ardian
Kapal nelayan di pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara./Bloomberg-Dimas Ardian

Bisnis.com, JAKARTA- Pemprov DKI akan mengajukan anggaran untuk membangun instalasi penyulingan air laut menjadi air bersih untuk kawasan Pelabuhan Muara Angke pada tahun depan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian DKI Darjamuni memaparkan tahun sebelumnya pihaknya telah menganggarkan Rp16 miliar untuk membangun mesin instalasi atau reverse osmosis tersebut namun tidak terealisasi.

"Oleh karena itu kami akan masukan anggaran instalasi itu di tahun depan. Kami sudah meminta ke Pam Jaya sebetulnya tapi belum juga direalisasikan," ujarnya, Rabu (4/10/2017).

‎Selama ini pasokan air bersih di kawasan Muara Angke didapat dari Tangerang melalui penampungan tangki besar. Saat ini terdapat 4 tangki besar untuk menampung air bersih pembelian dari Tangerang tersebut.

Namun, pihaknya tidak ingin mengandalkan pembelian air bersih hasil pembelian dari Tangerang. Oleh karena itu, pengadaan instalasi reverse‎ osmosis untuk area Pelabuhan Muara Angke merupakan sebuah kebutuhan.

"Kalau mesin untuk air kotor jadi bersih‎ kami sudah punya. Yang belum adalah instalasi dari air asin menjadi air bersih," paparnya.

Prabowo Soenirman, Anggota Komisi B DPRD DKI mendorong agar pengangguran instalasi tersebut segera direalisasikan. Dia menyayangkan selama ini Pemprov DKI tidak menganggarkan mesin instalasi tersebut.

"Kenapa tahun lalu tidak direalisasikan. Padahal Rp16 miliar bagi kami itu tidak terlalu mahal untuk pengadaan instalasi," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Khoer
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper