Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asian Games 2018 Diharapkan Dongkrak Omzet UKM

Pemerintah dan masyarakat Jakarta harus memanfaatkan penyelenggaraan pesta olah raga internasional Asian Games 2018 pada 18 Agustus-2 September 2018 untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi.
Penataan Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta jelang Asian Games 2018./Dok. PUPR
Penataan Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta jelang Asian Games 2018./Dok. PUPR

Bisnis.com, JAKARTA-Pemerintah dan masyarakat Jakarta harus memanfaatkan penyelenggaraan pesta olah raga internasional Asian Games 2018 pada 18 Agustus-2 September 2018 untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta, Sarman Simanjorang, mengatakan pemerintah perlu memberikan pelatihan khusus bagi para pelaku usaha kecil menengah dan industri kecil menengah (UKM dan IKM) dalam menghadai event Asian Games.

Pelatihan dan penyuluhan kepada para pelaku UKM dan IKM untuk memproduksi berbagai souvenir khas Indonesia dan Jakarta serta Asian Games 2018 yang berkualitas untuk dijual selama berlangsung event empat tahunan tersebut.

“Pelatihan dan penyuluhan itu termasuk untuk usaha kecil menengah yang akan membuka kuliner di sekitar stadion Gelora Bung Karno,” katanya, Kamis (28/12//2017).

Menurutnya, selama penyelenggraan Asian Games pada 18 Agustus-2 September 2018 sektor hotel, cafe, kuliner, pusat hiburan, pusat perbelanjaan dan mall, pusat wisata dan transportasi akan mengalami peningkatan omzet yang signifikan.

Dia menjelaskan persiapan menyambut Asian Games ke-18 sangat penting mengingat event akbar olah raga internasional itu diikuti 45 negara yang akan berpartisipasi dalam 40 cabang olah raga yang dipertandingkan.

Para peserta Asian Games 2018 terdiri dari sekitar 10.000 atlet dan official, 5.000 media, 2.500 OCA Family, 5.500 technical delegate, 20.000 volunteers, sekitar 200.000 supporter dan turis dari 45 negara peserta.

Selain itu juga ada lebih dari 3 juta penonton lokal yang akan menyaksikan 42 cabang olahraga dipertandingkan dalam Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Jakarta dan Jakabaring Sport City Palembang.

Sarman yang juga Ketua Umum Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) Jakarta, mengatakan pelaku UKM dan IKM diharapkan dapat memanfatkan moment Asian Games untuk bangkit dan menaikkan omzetnya.

“Jika para tamu dari 45 negara peserta Asian Games belanja rata rata US$20, dikalikan 232.000 orang, maka omzetnya mencapai sekitar Rp58 miliyar, belum lagi belanja penonton lokal yang diperkirakan mencapai 2,5-3 juta orang,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper