Pemprov DKI Sediakan Lahan Olahraga Menembak

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menyediakan sarana dan prasarana bagi atlet menembak Ibu Kota.
Regi Yanuar Widhia Dinnata | 13 Maret 2018 13:44 WIB
Menko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani latihan menembak, di kompleks Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Sabtu (9/5/2015). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menyediakan sarana dan prasarana bagi atlet menembak Ibu Kota.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, menjelaskan cabang olahraga menembak merupakan salah satu bidang yang kerap menyumbangkan medali di pentas internasional. Bahkan, penembak Tanah Air dalam lomba bertaraf Asia sering unggul dibandingkan dengan lawan-lawannya.

Dengan demikian, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan mengakomodasi kebutuhan seperti sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh para atlet yang tergabung dalam Persatuan Penembak Indonesia (Perbakin) DKI Jakarta. Hal ini, dia sampaikan ketika menerima tamu dari pengurus Perbakin DKI Jakarta di Balai Kota, pada Selasa (13/3/2018).

"Mereka mengatakan bahwa butuhnya lahan kalau mau ideal itu sekitar 3 hektar," kata Anies, Selasa (13/3/2018).

Menurutnya, ada beberapa lahan yang tidak terpakai di Jakarta yang bisa dipergunakan sebagai latihan menembak. Kendati demikian, dia mempertimbangkan lahan mana yang akan diberikan untuk mengembangkan potensi para atlet menembak ini.

Anies menyampaikan bila pembanguan sarana dan prasarana menembak itu bukan hal yang sulit karen hanya dibutuhkan lahan kosong yang luas disertai tanggul (sasaran menembak) dan sarana penunjang lain. "Jadi relatif sederhana, bisa menyerap tenaga kerja, dan bisa menggerakkan perekonomian. Akan tetapi di mananya nanti dicek lagi," ungkapnya.

Seperti diketahui, Perbakin merupakan wadah resmi di Indonesia untuk olahraga menembak dan berburu. Adapun olahraga ini dibadi menjadi tiga bidang, yaitu Bidang Target, Bidang Berburu, dan Bidang Tembak Reaksi.

Dia menambahkan prestasi olahraga menembak di DKI Jakarta, baik di ajang nasional maupun internasional bergantung pada pembinaan atlet yang dilakukan oleh para pengurus Perbakin DKI Jakarta.

“Intinya, kami berharap dari pembinaan yang dilakukan oleh Perbakin DKI, nanti Jakarta akan bisa mendominasi ketika PON nanti dan atlet-atletnya juga bisa mendapatkan mendali pada saat pesta olahraga Asia nanti,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Perbakin DKI Jakarta, Setyo Wasisto mengapresiasi dukungan yang diberikan Pemprov DKI Jakarta kepada Perbakin DKI Jakarta.

Selain itu, dia mengatakan pembinaan dan prestasi menembak di Jakarta harus diperhatikan karena merupakan Ibu Kota Tanah Air yang selalu menjadi sorotan. "Diharapkan kita bisa menghasilkan penembak-penembak yang handal,” kata Setyo.

Dia berharap bahwa kegiatan tahunan Perbakin seperti Kejuaraan Nasional Menembak Jakarta Anniversary ke-35 pada September 2018 nanti bisa menjadi tolok ukur bagi penembak seluruh Indonesia.

Adapun tolok ukur ini berguna menjaring penembak yang layak mengikuti ajang PON XX 2020 di Papua dan dapat menuai prestasi di ajang internasional.

Tag : pemprov dki, Menembak
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top