BKSP Jabodetabekjur Fokus Selesaikan Berbagai Masalah di 3 Provinsi

Badan Kerja Sama Pembangunan (BKSP) mengkaji sejumlah program kerja strategis untuk mengentaskan permasalahan di Provinsi Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.
Regi Yanuar Widhia Dinnata | 03 April 2018 15:10 WIB
Balai Kota DKI Jakarta - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Badan Kerja Sama Pembangunan (BKSP) mengkaji sejumlah program kerja strategis untuk mengentaskan permasalahan di Provinsi Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

Rapat Kerja BKSP wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Cianjur (Jabodetabekjur) Tahun 2018 diselenggarakan di Balai Kota, Jakarta Pusat pada Selasa (3/4/2018).

Adapun yang ikut dalam rapat kerja tersebut antara lain Bupati Bogor Nurhayanti, Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa, dan lain-lain.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan rapat kerja ini sebagai ajang pencarian solusi dari berbagai rencana dan program pembangunan yang akan dilakukan di 9 kabupaten dan kota.

Hal ini perlu dibicarakan lebih lanjut karena menyangkut kepentingan bersama yang melibatkan tiga provinsi.

"Rapat ini membahas beberapa permasalahan mendasar yang dihadapi bersama, yaitu banjir, kemacetan, penyediaan air bersih, persampahan dan ketahanan pangan," kata Anies, Selasa (3/4/2018).

Menurutnya, solusi atas permasalahan ini, yaitu normalisasi daerah aliran sungai untuk menangani banjir, peningkatan jalan lintas batas untuk menangani kemacetan, dan pembangunan tempat pembuangan sampah terpadu (TPST) untuk menangani sampah.

Selain itu BKSP akan merencanakan pembangunan waduk untuk penyediaan air bersih, tiket terusan yang terpadu untuk pembenahan transportasi, dan pembangunan sistem distribusi pangan untuk ketahanan pangan.

Dia menambahkan bahwa tiap-tiap perwakilan daerah ini akan membentuk tim khusus untuk mengawal dari hasil rapat kerja tersebut dalam beberapa waktu ke depan. Hal ini perlu dilakukan untuk memudahkan komunikasi antara setiap daerah dengan program utama yang sedang dibangun.

"Rapat kerja ini sekaligus untuk menyusun penguatan peran kelembagaan BKSP Jabodetabekjur. [Selain itu], BKSP tujuannya adalah keterpaduan, keselarasan, keserasian, kesinambunhan dari pelaksanaan pembangunan," ungkapnya.

Tag : jabodetabek, bksp
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top