Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov DKI Dorong Kemunculan Wirausahawan Baru Sektor Pariwisata

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta fokus mengembangkan kaderisasi wirausaha berbasis pariwisata.
Wisata Kota Tua, Jakarta./Bisnis.com
Wisata Kota Tua, Jakarta./Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta fokus mengembangkan kaderisasi wirausaha berbasis pariwisata.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meresmikan Entrepreneur Development Center dan Workshop Tourismpreneur Jakarta di Jakarta Creative Hub, Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Kamis (26/4/2018).

Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama Pemprov DKI Jakarta, Perkumpulan Gerakan One Kecamatan One Centre Enterpreneurship (PGO OK OCE), dan komunitas Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) untuk mengembangkan industri pariwisata di Jakarta.

"Pariwisata merupakan sektor yang paling banyak menyerap tenaga kerja. Lapangan kerja sekarang, kami ingin ciptakan melalui terobosan-terobosan inovasi yang dilakukan oleh para pengusaha pemula, pelaku ekonomi baru di dua destinasi yang kami fokuskan yaitu Kota Tua dan sekitarnya, dan Kepulauan Seribu," kata Sandi melalui siaran pers pada Kamis (26/4/2018).

Menurutnya, peluncuran kegiatan ini dipersiapkan dalam menghadapi bulan Ramadan dan Asian Games yang berpotensi mendatangkan wisatawan untuk mengunjungi Jakarta.

Adapun melalui kerja sama dengan MES, Pemprov DKI berharap alternatif wisata halal berbasis digital juga dapat terus berkembang di wilayah Ibu kota.

"Kita targetkan bahwa total tourismpreneur [wirausaha di sektor pariwisata] ini akan bisa mencetak [sebanyak] 2.000-2.500 lapangan kerja baru di sektor destinasi wisata halal ini untuk memperkaya tawaran dari OK OCE mendorong geliat ekonomi di Jakarta," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pergerakan OK OCE, Faransyah Jaya, menambahkan pariwisata saat ini cukup diminati oleh anak muda yang dikenal sebagai generasi millennials.

Dia menilai potensi ini disambut baik dengan adanya pelatihan untuk berwirausaha agar masyarakat dapat menyalurkan hobinya (traveling) sekaligus menambah penghasilan.

Menurut data World Travel & Tourism Council (WTTC), sektor pariwisata di Indonesia berpotensi membuka 2,4 juta tenaga kerja.

Adapun sektor pariwisata menyumbang sebesar 6,2% dari produk domestik bruto (PDB) Indonesia yang mencapai Rp770 triliun. Sedangkan, Jakarta menyumbang sebesar 41% dari sektor pariwisata di Tanah Air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler