BERiDE Jadi Wadah Saluran Aspirasi Warga Ibu Kota

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengapresiasi peluncuran program BERiDE untuk menampung segala aspirasi warga Ibu Kota.
Regi Yanuar Widhia Dinnata | 23 Mei 2018 17:27 WIB
Air mancur di Balai Kota DKI Jakarta - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengapresiasi peluncuran program BERiDE untuk menampung segala aspirasi warga Ibu Kota.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, menjelaskan platform BERiDE merupakan wadah bagi warga Ibu Kota untuk menyampaikan saran, kritik, pandangan, konsep yang membangun agar Jakarta menjadi lebih baik.

Melalui program ini diharapkan warga dapat membantu tujuan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk mewujudkan City 4.0 yang menekankan pada interaksi warga dan pemerintah melalui teknologi digital.

BERiDE saat ini merupakan layanan interaktif berbasis situs web, akan tetapi dalam waktu dekat layanan ini dapat diakses melalui aplikasi smartphone berbasis Android dan iOS.

Pengembangan situs menjadi aplikasi tersebut bertujuan untuk memudahkan warga Jakarta menyalurkan berbagai idenya dalam pembangunan kota. Lebih lanjut, aplikasi dan situs web BERiDE ini dapat dimanfaatkan oleh berbagai instansi pemerintah, swasta, dan komunitas dalam merencanakan berbagai proyek pembangunan.

"Masyarakat itu bukan customer, masyarakat itu bukan pelanggannya Pemprov DKI. Sekarang kita ubah bahwa masyarakat kita adalah co-creator. Mereka harus bertanggungjawab dan jangan semuanya diserahkan kepada Pemerintah. Mereka harus menjadi bagian dari perubahan. Mereka harus menjadi agent of change. Nah BERiDE ini adalah bagian dari partisipatif-kolaboratif [pembangunan Jakarta]", kata Sandi, Rabu (23/5/2018).

Sandi mengimbau bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dapat menuliskan idenya dan dikirim melalui ke laman jakarta.beride.id. Dia menambahkan bahwa Pemprov DKI saat ini selalu menanti berbagai ide segar dari masyarakat dalam pembangunan Ibu Kota.

"Saya rasa fokus kita tetap di ekonomi. Kita ingin menciptakan lapangan kerja. Saya berpesan kepada BERiDE ini bahwa sebanyak 1.000 ide itu baik. Kita ingin Kota Jakarta ditata dengan baik. Akan tetapi, kita harus fokus bagaimana partisipatif-kolaboratif kita untuk menggerakkan ekonomi dan membuka lapangan kerja. Ini yang betul-betul diminta oleh warga," imbuhnya.

Seperti diketahui, program BERiDE ini dikembangkan oleh PT Beride Karya Indonesia, yakni perusahaan yang bergerak di bidang perencanaan wilayah dan kota, arsitektur, pemetaan, serta perancangan sistem informasi. Adapun salah satu misi perusahaan ini, yaitu mendorong penggunaan teknologi tepat guna dan penerapan inovasi untuk kepentingan publik.

Tag : sandiaga uno, pemprov dki
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top