Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sandiaga Uno: Pohon Plastik Itu Stok Lama, Tak Ada Anggaran Terpakai

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno, memastikan tidak ada anggaran yang terpakai dalam pemasangan pohon hias terkait pemasangan pohon hias di trotoar Jalan Medan Merdeka Barat dan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.
Pohon palsu atau imitasi di trotoar DKI Jakarta/Instagram koalisipejalankaki
Pohon palsu atau imitasi di trotoar DKI Jakarta/Instagram koalisipejalankaki

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno, memastikan tidak ada anggaran yang terpakai dalam pemasangan pohon hias terkait pemasangan pohon hias di trotoar Jalan Medan Merdeka Barat dan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Lampu-lampu dan pohon-pohon plastik tersebut adalah murni stok lama yang dimiliki oleh Suku Dinas (Sudin) Perindustrian dan Energi Jakarta Pusat.

Sandiaga menegaskan pohon hias itu tidak terkait sama sekali dengan anggaran Rp2,2 miliar yang akan dilelang untuk 'beautification' Asian Games ke-18, maupun anggaran pengadaan pohon sebesar Rp8 miliar yang disiapkan di Dinas Kehutanan Provinsi DKI Jakarta.

"Tentunya (terkait) dampak terhadap anggaran, kami sudah periksa  anggaran itu yang disebut-sebut, baik itu Rp 8 milliar itu salah, ataupun Rp2,2 milliar untuk anggaran Asian Games juga salah," kata Sandiaga di Jakarta Pusat, Jumat.

Lampu-lampu dan pohon-pohon plastik tersebut adalah murni stok lama yang dimiliki oleh Suku Dinas (Sudin) Perindustrian dan Energi Jakarta Pusat. Jadi, tidak ada anggaran yang dikeluarkan untuk pemasangan pohon hias tersebut, tambahnya lagi.

Dia turut berterima kasih atas masukan yang membangun dari masyarakat terkait isu ini. Dan pohon-pohon hias tersebut saat ini telah ditarik dan dikembalikan ke gudang Sudin Perindustrian dan Energi Jakarta Pusat. Pohon-pohon hias itu merupakan pengadaan tahun-tahun sebelumnya yang selama ini sudah sering digunakan untuk memperindah kota, katanya.

"Jadi memang ada di sana (gudang) dan itu sudah stok lama yang selalu disiapkan setiap hari-hari besar atau hari kebangsaan maupun agama dipakai untuk penerangan dan memeriahkan hari-hari besar tersebut," kata Wagub.

Sebelumnya, Sandiaga menyampaikan pemasangan beberapa pohon hias adalah inisiatif dari Sudin Perindustrian dan Energi Jakarta Pusat dan bukan dilakukan oleh Dinas Kehutanan Provinsi DKI Jakarta seperti yang diberitakan.

"Untuk lampu imitasi yang dipasang di sepanjang Thamrin dan Merdeka Barat murni inisiatif dari Sudin Perindustrian dan Energi Jakarta Pusat."

Tentunya inisiatif itu sangat didorong dalam suatu management bagaimana kita bisa proaktif, kita bisa inovatif, bagaimana kita bisa mengambil resiko," kata Sandiaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : ANTARA

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper