Bersama 9 Pemprov, DKI dan BNPB Sepakati Kerja Sama Penanggulangan Bencana

Pemprov DKI Jakarta bersama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta provinsi-provinsi yang tergabung dalam Forum Kerjasama Daerah Mitra Praja Utama (FKD MPU) menandatangani kesepakatan bersama tentang Penguatan Budaya Masyarakat Tangguh Bencana.
Muhamad Wildan
Muhamad Wildan - Bisnis.com 27 Maret 2019  |  13:47 WIB
Bersama 9 Pemprov, DKI dan BNPB Sepakati Kerja Sama Penanggulangan Bencana
Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana di Jakarta. Pemprov DKI bersama 9 Pemprov lainnya menandatangani kesepakatan kerja sama penanggulangan bencana./Bisnis.com - Samdysara Saragih

Bisnis.com, JAKARTA–Pemprov DKI Jakarta bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana serta provinsi-provinsi yang tergabung dalam Forum Kerjasama Daerah Mitra Praja Utama menandatangani kesepakatan bersama tentang Penguatan Budaya Masyarakat Tangguh Bencana.

Kesepakatan tersebut melibatkan 10 provinsi yakni Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap dengan adanya kesepakatan ini kesiapan daerah dalam menghadapi bencana dapat ditingkatkan.

"Banyak sekali kebutuhan-kebutuhan yang bisa saling topang, khususnya mengenai bencana alam. Ketika terjadi peristiwa bencana alam, maka bukan hanya pemerintah pusat yang turun tangan, tetapi juga pemerintah daerah ikut terlibat,” kata Anies dalam keterangan tertulis, Rabu (27/3/2019).

Lebih lanjut, Anies pun berkomitmen untuk terus mendukung berbagai bentuk kegiatan FKD MPU dan  bekerja sama dengan baik.

Kesepakatan bersama antara 10 provinsi dan BNPB yang berjangka waktu lima tahun ini meliputi lima aspek antara lain edukasi, sosialisasi dan simulasi;  perbaikan ekosistem kawasan rawan bencana; perencanaan pembangunan berbasis mitigasi bencana; ketangguhan bencana pada insfrastruktur; dan skema pembiayaan kebencanaan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Pemprov DKI, badan nasional penanggulangan bencana

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top