Libur Lebaran, Jumlah Pengunjung di Kota Tua Jakarta Membeludak

Jumlah pengunjung kawasan wisata Kota Tua di Jakarta Barat pada hari kedua perayaan Idulfitri 1440 H mencapai lebih dari 50.000 orang.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 06 Juni 2019  |  14:17 WIB
Libur Lebaran, Jumlah Pengunjung di Kota Tua Jakarta Membeludak
Ilustrasi - Turis memadatai kawasan Kota Tua di Jakarta Barat saat perayaan Lebaran, Senin (26/6/2017). - Bisnis.com/Veronika Yasinta

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Unit Pengelola Kawasan (UPK) Kota Tua Norviadi Setio Husodo mengatakan bahwa jumlah pengunjung kawasan wisata Kota Tua di Jakarta Barat pada hari kedua perayaan Idulfitri 1440 H mencapai lebih dari 50.000 orang.

"Pada hari kedua Lebaran ini ada peningkatan pengunjung yang signifikan, kemarin sudah mulai dihitung. Kemarin pada 5 Juni, hari pertama Lebaran, pengunjung sudah mencapai 30.000 lebih dan sekarang ini bisa mencapai 50.000 orang lebih," ujar Norviadi di Jakarta, Kamis (6/6/2019).

Dia menjelaskan bahwa pada hari pertama Lebaran 2019, yakni pada Rabu (5/6), museum-museum di kawasan Kota Tua masih tutup sehingga para pengunjung hanya dapat berkunjung dan beraktivitas di kawasan taman Kota Tua.

"Kalau tanggal 5 Juni hari pertama Lebaran, museum-museum tutup, hanya kawasan tamannya yang dibuka. Mereka berkunjung di sana tanpa masuk ke museum," katanya.

Namun, pada hari kedua Lebaran, semua museum di kawasan wisata Kota Tua dibuka, dan bahkan jam buka diperpanjang hingga pukul 20.00 WIB.

"Hari kedua Lebaran berbagai museum di Kawasan Wisata Kota Tua sudah dibuka dan jam buka diperpanjang mulai pukul 08.00 pagi hingga 20.00 malam dibandingkan dengan sebelumnya hanya sampai pukul 17.00 sore," ungkap Norviadi.

Perpanjangan waktu buka museum-museum di kawasan Kota Tua itu berdasarkan peraturan baru Gubernur DKI Jakarta dan diberlakukan mulai tanggal 6 Juni 2019 hingga seterusnya.

Adapun museum yang dapat dikunjungi di kawasan Kota Tua, yaitu Museum Sejarah Jakarta, Museum Wayang, Museum Bank Indonesia, Museum Bank Mandiri, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Bahari, dan yang terbaru Museum Magic Art 3D.

Salah seorang pengunjung bernama Bunga Rosdiana (17) mengaku memilih berwisata ke Kota Tua pada libur Lebaran karena tempatnya yang luas dan banyak kegiatan yang dapat dilakukan.

"Saya sudah masuk ke Museum Sejarah Jakarta dan isinya bagus, ada sejarah Jakarta sejak zaman Belanda," ucap Bunga yang belum lama ini lulus dari sekolah menengah atas (SMA).

Bunga mengaku senang dengan wisata museum di Kota Tua karena menarik dan harganya terjangkau. "Karcisnya murah, saya masuk Museum Sejarah Jakarta cuma bayar Rp5.000. Selain itu, di sini banyak tempat untuk selfie (berswafoto)," ujarnya.

Untuk mengantisipasi peningkatan jumlah pengunjung yang signifikan pada musim libur Lebaran, pihak UPK Kota Tua telah mengerahkan secara penuh sumber daya yang ada untuk menjaga keamanan, kebersihan, dan ketersediaan listrik di kawasan wisata tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jakarta, kota tua, libur lebaran

Sumber : Antara

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top