Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aetra Catat Penambahan 15.000 Sambungan Baru

PT Aetra Air Jakarta membukukan penambahan lebih dari 15.000 sambungan baru. Penambahan itu berbanding lurus dengan peningkatan cakupan layanan  atau service coverage ratio (SCR) yang dilakukan oleh perseroan.
Petugas melakukan penyambungan jaringan air bersih Aetra/Istimewa
Petugas melakukan penyambungan jaringan air bersih Aetra/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Aetra Air Jakarta membukukan penambahan lebih dari 15.000 sambungan baru. Penambahan itu berbanding lurus dengan peningkatan cakupan layanan  atau service coverage ratio (SCR) yang dilakukan oleh perseroan.

Dalam keterangan yang diteirma Bisnis.com, Minggu (22/12/2019), hingga November 2019 cakupan layanan Aetra mencapai 70,6 persen atau setara dengan 3,5 juta jiwa.

Capaian itu ditopang oleh strategi atau sosialisasi mengubah mindset atau cara pandang sebagian masyarakat Jakarta yang masih mengandalkan penggunaan air tanah untuk kebutuhan pemenuhan air bersihnya.

Di sisi, penambahan jumlah sambungan juga dilandasi dengan terimplementasinya perubahan pola aliran dari sistem based on flow menjadi based on pressure.

Disamping berdampak pada penambahan kubikasi pemakaian air, system based on pressure berdampak pada kuantitas dan kontinuitas supply air disamping tetap dengan jaminan kualitas standar Permenkes no 492/Permenkes/Tahun 2010  yang sudah tersertifikasi Jaminan Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Aneka  capaian itu pun berdampak pada perolehan indeks  Kepuasan Pelanggan. Perolehan indeks kepuasan pelanggan empat tahun berturut-turut yakni tahun 2016 ; 82,11, tahun 2017 ; 83,92, tahun 2018 ; 85,43, dan tahun 2019 ; 86,87.

Peroleh angka ini ditunjang dengan langkah-langkah strategis khususnya dalam lingkup kepelanggan serta didukung oleh inovasi teknis yang lainnya meliputi :

Pertama, Sebanyak 55,6 persen dari total pelanggan Aetra telah mendapatkan tekanan airnya diatas 0,75 bar (7 meter).

Kedua, Membuka kanal-kanal pembayaran eksternal, sehingga ada keleluasaan pelanggan dalam melakukan transaksi pembayaran rekening air.

Ketiga, Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam memberikan Sertifikasi Jaminan Halal dengan Grade Tertinggi Yaitu Kategori A (Sangat Baik) pada Instalasi Pengolahan Air (IPA) Buaran dan Pulogadung.

Keempat, peluncuran Aetra Mobile untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dan pelanggan dengan menyediakan Fitur Kepelangganan berbasis Android.

Adapun di penghujung 2019 ini, Aetra sebagai mitra PAM Jaya berkomitmen untuk melakukan inovasi disemua lini untuk memberikan kepuasan pelanggan yang lebih optimal.

Beberapa target telah disepakati bersama pada tahun 2020 diantaranya :

·       Target perolehan jumlah sambungan baru sebanyak 20.000 pelanggan, penambahan ini juga otomatis menargetkan tingkat cakupan layanan sebesar 72 persen.

·       Target perolehan angka 63 persen dari total pelanggan yang menerima tekanan airnya lebih dari 0,75 bar (7,5 meter).

·       Target penggantian meter air di pelanggan sebanyak 79.000 buah.

·       Perawatan dan perbaikan di produksi di 2 (dua) Instalasi Pengolahan Air yang dimiliki Aetra.

·       Target perolehan angka Survey Kepuasan Pelanggan pada angka indeks 87,5 (level sangat puas).

·       Target penambahan lebih dari 10 fasilitas Keran Air Siap Minum yang terpasang pada fasilitas umum, lembaga Pendidikan, Lembaga Pemerintah dan fasilitas umum lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Editor : Akhirul Anwar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper