Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Transjakarta Luncurkan 6 Bus Rute Manggarai-Tosari selama Rekayasa Operasi KRL

Nadia menambahkan bahwa salah satu keuntungan transportasi berbasis jalan yang dimiliki pemprov DKI ini adalah fleksibilitas perjalanan dan rute yang dapat didesain.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 13 Februari 2020  |  19:22 WIB
Bus Transjakarta menunggu kedatangan penumpang di Terminal Blok M, Jakarta, Selasa (11/2/2020). Bisnis - Triawanda Tirta Aditya
Bus Transjakarta menunggu kedatangan penumpang di Terminal Blok M, Jakarta, Selasa (11/2/2020). Bisnis - Triawanda Tirta Aditya

Bisnis.com, JAKARTA - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menambah lagi armada pengumpan rute direct Manggarai-Tosari untuk menjemput penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) terdampak perbaikan wesel.

Seperti diketahui, peningkatan keandalan prasarana perkeretaapian oleh PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) bersama PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 1 Jakarta ini akan berlangsung di Stasiun Gambir dan Stasiun Jakarta Kota.

Akibatnya, penumpang KRL terutama Commuterline relasi Bogor/Depok - Jakarta Kota dan Cikarang/Bekasi - Jakarta Kota dengan sebagian perjalanan hanya sampai Stasiun Manggarai mulai pada Kamis (13/2/2020) malam hingga Minggu (23/2/2020).

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta Nadia Diposanjoyo menyampaikan bahwa layanan khusus Stasiun Manggarai-Tosari ini merupakan layanan terobosan untuk mengakomodir pelanggan KCI yang perlu bergegas menuju pusat kota untuk bekerja.

Layanan ini diharapkan mampu melengkapi layanan yang sudah ada. Di mana selama ini rute yang melintas KCI merupakan rute lintas koridor 4, sedangkan rute khusus ini adalah rute langsung (direct) yang akan membawa pelanggan KCI menuju pusat kota, halte Transjakarta Tosari di koridor 1 dan melewati berbagai pusat perkantoran dan perniagaan.

"Layanan modifikasi khusus lintas koridor ini dapat ditemui tepat di depan pintu keluar gerbang stasiun KAI Manggarai sehingga pelanggan dapat langsung menuju bus tanpa harus menyebrang ke koridor," ungkap Nadia dalam keterangannya, Kamis (13/2/2020).

Sebanyak 6 bus yang akan mengaspal di rute ini merupakan tipe non-Bus Rapid Transit [nonBRT] tipe single dengan kapasitas 29 berdiri dan 36 duduk serta 1 kursi roda.

“Hal ini kami upayakan sebagai bentuk antisipasi lonjakan pelanggan yang ada di Halte Stasiun Manggarai, terutama di jam-jam sibuk sibuk pagi hari mulai pukul 06.00 – 09.00 WIB dan sore har pukul 17.00 – 20.00 WIB,” tambah Nadia.

Rute layanan Transjakarta direct rute Manggarai–Tosari ini akan melalui Stasiun Manggarai - Halte BRT Manggarai - Jl. Sultan Agung - Jl. Galunggung - Jl. Jendral Sudirman - Halte BRT Tosari - Jl. Blora - Jl. Latuharhari - Jl. Galunggung - Jl. Tambak - Jl. Manggarai Selatan 1 - Stasiun Manggarai.

Nadia menambahkan bahwa salah satu keuntungan transportasi berbasis jalan yang dimiliki pemprov DKI ini adalah fleksibilitas perjalanan dan rute yang dapat didesain dan operasikan dalam waktu cepat.

"Sehingga kita dapat terus menghubungkan denyut kehidupan warga selama berkegiatan di DKI Jakarta," ungkapnya.

Fleksibilitas menjadi sebuah keunggulan Transjakarta yang sudah memiliki armada terintegrasi, teknisi handal, dan pramudi yang mumpuni. Buktinya, per hari ini Transjakarta telah mulai menambah 20 armada untuk rute relasi Stasiun Manggarai.

Yakni bus untuk koridor 4 (Pulogadung-Tosari), 4B (Manggarai-Universitas Indonesia), 4D (Pulogadung-Patra Kuningan), 4H (Pulogadung-Ragunan), 6F (Ragunan-Manggarai), 6M (Manggarai-Blok M), B23 (Bekasi Timur-Manggarai), serta M4 (Pulogadung-Dukuh Atas).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

transjakarta krl
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top