Kemarin Antrean Mengular, Begini Situasi Transjakarta Hari Ini

Pada hari ini, angkutan umum Transjakarta kembali beroperasi normal, setelah kemarin Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberlakukan pembatasan jumlah armada MRT dan Transjakarta untuk mengendalikan penyebaran virus corona Covid-19.
Nyoman Ari Wahyudi, Devi Sri Mulyani
Nyoman Ari Wahyudi, Devi Sri Mulyani - Bisnis.com 17 Maret 2020  |  10:12 WIB
Kemarin Antrean Mengular, Begini Situasi Transjakarta Hari Ini
Halte Transjakarta Kampus UI Salemba, Jakarta Pusat, Selasa (17/3/2020). JIBI - Bisnis/Nyoman Ary Wahyudi

Bisnis.com, JAKARTA – Situasi penumpang dan halte Transjakarta pada Selasa (17/3/2020) pagi, berbeda dengan suasana pada Senin (16/3/2020).

Pada hari ini, angkutan umum Transjakarta kembali beroperasi normal, setelah kemarin Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberlakukan pembatasan jumlah armada  MRT dan Transjakarta untuk mengendalikan penyebaran virus corona Covid-19.

Seorang petugas Transjakarta, Hendri  mengatakan bahwa mulai hari ini Transjakarta koridor 8 sudah beroperasi normal dari pukul 05.00 pagi hingga pukul 24.00 malam.

“Kemarin memang sempat terjadi lonjakan penumpang, akibat kebijakan baru tersebut. Tapi hari keadaan sudah kembali seperti semula,” katanya.

Suasana Halte Transjakarta Lebak Bulus Jakarat Selatan, Selasa (17/3/2020). JIBI/Bisnis- Devi Sri Mulyani

“Masih sama saja seperti kemarin. Kalau dari sisi penumpang memang cukup banyak, ditambah bus nya yang cukup lama dan jarang. Tapi saya gak harus sampai berdesakan banget sih. Intinya gak ada perubahan yang signifikan  buat saya,” ujar penumpang bernama Fielsa.

Dia menuturkan, meskipun tidak ada perbedaan yang signifikan dari segi penumpang Transjakarta, namun dia cukup kesulitan dengan kebijakan pembatasan operasional Transjakarta hanya sampai pukul enam sore saja.

“Menyulitkan sekali. Karena setiap harinya saya pulang pergi naik Transjakarta. Apalagi rumah saya jauh di Bekasi. Saya berharap pemerintah punya kebijakan lain untuk menanggulangi corona,” ujarnya.

Pada Senin (16/3/2020), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengurangi armada dan membatasi jam operasional Transjakarta menjadi pukul 06.00 WIB  hingga pukul 18.00 WIB untuk mengendalikan penyebaran virus corona.

Sementara itu, Halte TransJakarta Salemba UI selasa pagi (17/3/2020) terpantau tidak ramai dengan jumlah pengunjung berkisar 20 orang. Salah seorang petugas mengatakan hingga pagi ini kunjungan penumpang berkurang jika dibandingkan dengan hari kemarin.

“Tidak terlalu ramai seperti kemarin saat banyak rute yang dikurangin,” kata dia.

Ia mengatakan kondisi saat ini kembali normal lagi. Dia juga menerangkan dari kemarin ada beberapa personel TNI dari Koramil 03 Senen yang melakukan pengawasan. Adapun pengawasan itu, menurutnya, diarahkan untuk mengimbau masyarakat agar tidak berdesakan saat antre bus.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
transjakarta, Virus Corona

Editor : Nancy Junita
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top