Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Isolasi Berbayar, Pomelotel Patra Kuningan Diizinkan Tampung OTG

Seluruh beban biaya operasional selama isolasi terkendali di Hotel Pomelotel dibayar sepenuhnya oleh pasien bersangkutan.
Pomelotel Patra Kuningan/pomeloteljkt.com
Pomelotel Patra Kuningan/pomeloteljkt.com

Bisnis.com, JAKARTA — Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta telah memberi izin Hotel Pomelotel Patra Kuningan, Jakarta Selatan, menampung pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dengan gejala ringan.

Penunjukkan hotel itu sebagai lokasi isolasi terkendali bersifat nonfasilitas pemerintah. Dengan begitu, seluruh beban biaya operasional selama isolasi terkendali di Hotel Pomelotel dibayar sepenuhnya oleh pasien bersangkutan.

Kepala Seksi Usaha Pariwisata Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta, Raymond menuturkan langkah itu diambil untuk menjalankan amanat yang tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 88 Tahun 2020 ihwal pemenuhan kebutuhan lokasi isolasi terkendali di Jakarta.

Di samping itu, Raymond mengatakan, paket isolasi terkendali berbayar itu juga dimaksudkan untuk menggeliatkan sektor perhotelan.

“Jadi tujuan utamanya juga untuk membantu teman-teman [pengelola] hotel," ujar Raymond.

Raymond menyebutkan kalangan perhotelan sebenarnya senang program ini ini bisa dilaksankan.

"Tetapi programnya kan banyak tuh, ada yang berbayar sendiri, ada yang dibayari [subsidi] pemerintah [pusat] lewat kemenparekraf dan BNPB," lanjut Raymond.

Dia mengatakan soal animo kalangan perhotelan.  

"Hotel kan pingin dilibatkan cuma kan kalau dari pemerintah banyak yang pingin tetapi sedikit yang dapat,” kata Raymond melalui sambungan telepon, Jumat (2/10/2020).

Raymond membeberkan dalam operasionalnya Hotel Pomelotel Patra Kuningan bakal bekerja sama dengan Rumah Sakit Medistra untuk penempatan, perawatan dan protokol kesehatan untuk pasien OTG yang menjalani isolasi terkendali.

Disebutkan Raymond bahwa Rumah Sakit Medistra berdekatan dengan Hotel Pomelotel Patra Kuningan.

Sebelumnya, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan DKI Jakarta Fify Mulyani menginformasikan sudah ada dua hotel yang mulai menampung pasien konfirmasi positif Covid-19 dengan gejala ringan yang tengah menjalani isolasi.

Kedua hotel itu adalah Ibis Style di Mangga Dua, Jakarta Utara, dan U Stay Hotel di Mangga Besar, Jakarta Barat.

Menurut Fify, kedua hotel itu sudah mulai beroperasi pada Minggu (27/9/2020).

“Saat ini kami membagi karena ini kan menjadi bumper flat isolasi mandiri, kalau untuk Ibis itu untuk wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Utara dan Jakarta Timur dengan kapasitas 212, untuk U Stay itu kapasitas 140 untuk wilayah Jakarta Barat dan Selatan,” kata Fify melalui keterangan virtual, Senin (28/9/2020).

Fify mengatakan hotel merupakan alternatif tempat isolasi cadangan dari isolasi di RSD Wisma Atlet.

Dengan demikian, koordinasi penempatan pasien isolasi bakal dilakukan bersama dengan pemerintah pusat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper