Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Tangsel Gandeng GoSend Kirim Dokumen Kependudukan

Saat ini hanya 25 persen pegawai Pemkot Tangsel yang bekerja di kantor. Sisanya bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH).
Airin Rachmi Diany/Bisnis-David Eka Issetabudi
Airin Rachmi Diany/Bisnis-David Eka Issetabudi

Bisnis.com, JAKARTA - Layanan GoSend dari Gojek dimanfaatkan Pemerintah Kota Tangerang Selatan untuk pengurusan dokumen kependudukan.

Selain memudahkan, terobosan ini dilakukan dalam rangka mengurangi interaksi di ruang publik pada masa pandemi.

Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany mengapresiasi kerja sama dengan Gojek tersebut. Selain agar kegiatan layanan publik tetap berjalan, hal itu sekaligus mengurangi interaksi di ruang publik.

”Saya mengapresiasi kerja sama ini untuk membantu memudahkan masyarakat Tangsel untuk bisa mengurus dokumen kependudukan. Seperti yang kita ketahui Tangsel saat ini merupakan zona merah, oleh karena itu pergerakan orang kami batasi,” ungkap Airin dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu (3/10/2020).

Saat ini hanya 25 persen pegawai Pemkot Tangsel yang bekerja di kantor. Sisanya bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH).

”Biasanya kami layani 2000 dokumen sekarang hanya 30 dokumen per hari. Jadi kami sangat-sangat terbantu dengan kerja sama ini,” ujar Airin.

Terlebih, lanjut Airin, digitalisasi perlu dilakukan dalam pelayanan publik. Inovasi menggandeng ojol untuk mengambil, mengantar, dan mengembalikan dokumen kepada warga dinilai baik.

Regional Operation Head Gojek Bodetabek Dani Oktobianto menyatakan bahwa Gojek berpartisipasi dalam proses pengiriman dokumen ke Dukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) dan dari Dukcapil karena memang saat pandemi ini layanan ini dibutuhkan.

"Kami sangat mengapresiasi Pemerintah Kota Tangsel yang telah memberikan kepercayaannya kepada mitra kami untuk dapat membantu pengurusan dokumen-dokumen penting seperti KTP dan perpindahan kependudukan di Tangsel,” ujarnya.

Dengan tatanan kehidupan baru, disadari pergerakan warga juga harus dibatasi terutama yang berkaitan dengan pengurusan dokumen.

”Tetapi kami juga mengikuti kebutuhan masyarakat yang tetap ingin mengurus dokumen,” kata dia.

Dalam kerja sama ini, GoSend bisa menjadi alternatif baru untuk pengiriman dokumen sehingga masyarakat dapat menghindari kontak fisik dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

”Mitra driver kami juga sudah menjalankan protokol Covid-19 kami yang kami namakan J3K yakni Jaga Kesehatan, Jaga Kebersihan, dan Jaga Keamanan,” tegasnya.

Secara teknis, proses pengantaran maupun pengambilan dokumen di Kantor Dinas Dukcapil Tangsel dilakukan melalui fasilitas drive thru sehingga meminimalisir kontak langsung dan mempersingkat waktu layanan.

Dengan konsep drive thru ini, diharapkan para mitra Gojek dapat mengantarkan 1.000 dokumen per hari.

Dari saat peluncuran program, warga Tangsel dapat menikmati harga spesial layanan GoSend selama satu bulan.

Kemitraan strategis dan layanan bersama Pemkot Tangsel dan Gojek itu diluncurkan secara resmi di Kantor Pemkot Tangsel, Jumat (2/10/2020).

Hadir dalam peluncuran program tersebut Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany, Kepala Dinas Dukcapil Kota Tangsel Dedi Budiawan, Regional Operation Head Gojek Bodetabek Dani Oktobianto dan Regional Government Relations Head Gojek Central and West Java Rully Rinaldi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler