Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Destinasi Wisata Setu Babakan Batal Dibuka, Ini Penyebabnya  

Disparekraf DKI Jakarta menyebut bahwa pembukaan Setu Babakan masih dalam uji coba di tengah PPKM level 3.
Perkampungan Betawi Setu Babakan./Istimewa
Perkampungan Betawi Setu Babakan./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pembukaan destinasi wisata kultural Provinsi DKI Jakarta Setu Babakan di Jakarta Selatan batal, karena terkendala masalah penerapan cleanliness, health, safety, dan environment (CHSE).

Kepala Seksi Pengawasan Disparekraf DKI Jakarta Iffan mengatakan destinasi tersebut saat ini masih dalam rangkaian uji coba dan informasi selanjutnya mengenai pembukaan akan diketahui setelah uji coba yang sedang dilakukan memberikan hasil positif di tengah penerapan PPKM level 3 di Jakarta.

"Masih dalam rangkaian uji coba. Kalau sudah oke nanti akan dikabarkan lebih lanjut," ujar ujar Iffan kepada wartawan, Kamis (23/9/2021).

Kendati demikian, upaya Pemprov DKI Jakarta dalam hal mengupayakan pembukaan destinasi Setu Babakan disebut berbeda dengan Kepulauan Seribu, meskipun keduanya bermasalah dengan kesiapan penerapan CHSE.

Menurut Iffan, perbedaan upaya tersebut berkaitan dengan kategori wisatawan yang berkunjung kedua tempat tersebut.

Adapun, Kepulauan Seribu merupakan destinasi wisata yang dikunjungi oleh cukup banyak wisatawan asing. Sementara, Setu Babakan cenderung menjadi favorit wisatawan Nusantara.

Sebagai informasi, Disparekraf Provinsi DKI Jakarta telah mengirimkan surat kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terkait dengan uji coba destinasi wisata Kepulauan Seribu.

Iffan mengatakan Kepulauan Seribu sebelumnya telah diusulkan oleh pemerintah sebagai destinasi yang akan dibuka. Namun, pembukaan destinasi tersebut masih berhadapan dengan masalah CHSE.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmad Fauzan
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper