Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lima Kawasan di Jakarta Selatan Terendam Banjir 2 Meter saat Hujan

Lima wilayah terendam banjir 2 meter saat hujan tinggi di Jakarta Selatan di antaranya sepanjang Kali Pesanggarahan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 11 November 2021  |  05:36 WIB
Lima Kawasan di Jakarta Selatan Terendam Banjir 2 Meter saat Hujan
Kawasan Rawajati, Pancoran Jakarta Selatan, masih direndam banjir setinggi 20-40 sentimeter. Warga di Jalan Bina Warga Rukun Tetangga (RT) 03 RW 07 berupaya mengurai genangan, Senin (8/11/2021). - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Kota Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) memetakan lima kawasan terendam banjir dua meter saat curah hujan tinggi.

"Tentunya wilayah yang jadi perhatian itu sepanjang aliran kali terutama Kali Pesanggarahan, Grogol, Krukut, Mampang dan yang besar itu Kali Ciliwung. Dan itu yang kita antisipasi," kata Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin di Jakarta, Rabu (10/11/2021).

Kelima wilayah itu menjadi perhatian utama lantaran semua permukiman di pinggir kali itu terendam banjir dengan ketinggian mencapai dua meter saat curah hujan tinggi beberapa hari lalu.

"Kita evaluasi kemarin yang terdapat titik-titik banjir, kita coba maping dan inventarisir lagi," kata dia.

Salah satu cara yang dilakukan untuk meminimalisasi ketinggian banjir yakni dengan memastikan Program Gerebek Lumpur di kelima kawasan itu.

"Gerakan Gerebek Lumpur tetap kita lakukan setiap minggu dan setiap saat bukan hanya hari Minggu saja, tapi setiap hari kalau memang memungkinkan baik yang dilakukan oleh PPSU mau PJLP SDA badan air kita terus upayakan," katanya. 

PPSU adalah petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum, sedangkan PJLP SDA adalah petugas  Penyedia Jasa Lainnya Perorangan Sumber Daya Air

Munjirin juga tak menampik, bahwa Jakarta Selatan yang dilewati aliran Sungai Ciliwung membuat wilayahnya menjadi langganan banjir bila curah hujan tinggj.

Karena itu, dia mengupayakan pembenahan di sepanjang daerah aliran sungai tersebut.

"Jakarta Selatan itu adalah pertama yang terlewati air dari Bogor dan Depok. Pasti akan mampir dulu di daerah Jakarta Selatan. Ini yang dilewati daerah daerah yang rendah," katanya.

Sebelumnya, warga pada empat Rukun Warga (RW) di Kelurahan Pejaten Timur, Jakarta Selatan terkena banjir dengan ketinggian mencapai dua meter lebih akibat luapan air di Kali Ciliwung.

Luapan Sungai Ciliwung juga mengakibatkan banjir di Rawajati dengan ketinggian mencapai dua meter lebih pada Minggu, (7/11/2021).

Sebanyak 50 kepala keluarga, 133 jiwa di RT 03 RW 07 Kelurahan Rawajati terdampak banjir  hingga Senin (8/11/2021) pagi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jakarta selatan jakarta banjir

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top