Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dino Pati Djalal Diperiksa KPK Terkait Formula E, Wagub DKI: Apa Korelasinya?

Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengaku baru mendengar kabar bahwa Dino Patti Djalal diperiksa KPK terkait dugaan korupsi Formula E.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 20 Januari 2022  |  21:32 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria - Bisnis/Nyoman Ary Wahyudi
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria - Bisnis/Nyoman Ary Wahyudi

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengaku baru mendengar kabar mantan Wakil Menteri Luar Negeri, Dino Patti Djalal diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dugaan korupsi Formula E.

Wagub Riza mengaku tak tahu-menahu hubungan Dino dengan penyelenggaraan balap mobil listrik Formula E.

"Saya baru dengar, apa korelasinya Dino Patti Djalal di Formula E saya tidak tahu," kata Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (20/1/2022).

Sebelumnya, KPK meminta keterangan dan klarifikasi dari Dino pada Selasa, 18 Januari 2022. Pelaksana tugas (Plt) Juru bicara KPK, Ali Fikri, tak bisa menyampaikan materi pemeriksaan mengingat kasus Formula E masih dalam penyelidikan.

Riza menuturkan sebaiknya menunggu keterangan resmi dari KPK mengenai pemeriksaan tersebut. "Saya belum tahu sama sekali," ujarnya.

Dino pun menghubungi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dino mengatakan dia menawarkan proposal bos Formula E itu ke Jakarta karena acara itu menjadi peluang mengubah citra Jakarta dari kota bisnis menjadi kota pariwisata. Dino menganjurkan Anies segera mengajukan lamaran sebagai tuan rumah Formula E.
“Pak Anies tertarik karena kompetisi ini menggunakan teknologi listrik yang tak menimbulkan polusi,” kata Dino pada November 2019 lalu seperti dilansir dari Tempo.
KPK memang tengah menyelidiki penyelenggaraan Formula E. Pada Kamis, 4 November 2021, tim penyelidik KPK telah memeriksa beberapa orang untuk diambil keterangan soal dugaan korupsi di Formula E. Pemeriksaan itu untuk mengumpulkan bahan data dan keterangan informasi yang diperlukan petugas.
Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Widi Amanasto bahkan pernah menyambangi kantor antirasuah untuk menyerahkan dokumen yang diminta KPK soal Formula E. Widi ditemani anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) DKI Jakarta, Bambang Widjojanto. Bambang adalah Wakil Ketua KPK periode 2011-2015.
Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

KPK korupsi dino patti djalal wagub dki Formula E Jakarta

Sumber : Tempo.Co

Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top