Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dino Pati Djalal Diperiksa KPK Terkait Formula E, Wagub DKI: Apa Korelasinya?

Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengaku baru mendengar kabar bahwa Dino Patti Djalal diperiksa KPK terkait dugaan korupsi Formula E.
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria/Bisnis-Nyoman Ary Wahyudi
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria/Bisnis-Nyoman Ary Wahyudi

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengaku baru mendengar kabar mantan Wakil Menteri Luar Negeri, Dino Patti Djalal diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dugaan korupsi Formula E.

Wagub Riza mengaku tak tahu-menahu hubungan Dino dengan penyelenggaraan balap mobil listrik Formula E.

"Saya baru dengar, apa korelasinya Dino Patti Djalal di Formula E saya tidak tahu," kata Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (20/1/2022).

Sebelumnya, KPK meminta keterangan dan klarifikasi dari Dino pada Selasa, 18 Januari 2022. Pelaksana tugas (Plt) Juru bicara KPK, Ali Fikri, tak bisa menyampaikan materi pemeriksaan mengingat kasus Formula E masih dalam penyelidikan.

Riza menuturkan sebaiknya menunggu keterangan resmi dari KPK mengenai pemeriksaan tersebut. "Saya belum tahu sama sekali," ujarnya.

Dino pun menghubungi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dino mengatakan dia menawarkan proposal bos Formula E itu ke Jakarta karena acara itu menjadi peluang mengubah citra Jakarta dari kota bisnis menjadi kota pariwisata. Dino menganjurkan Anies segera mengajukan lamaran sebagai tuan rumah Formula E.
“Pak Anies tertarik karena kompetisi ini menggunakan teknologi listrik yang tak menimbulkan polusi,” kata Dino pada November 2019 lalu seperti dilansir dari Tempo.
KPK memang tengah menyelidiki penyelenggaraan Formula E. Pada Kamis, 4 November 2021, tim penyelidik KPK telah memeriksa beberapa orang untuk diambil keterangan soal dugaan korupsi di Formula E. Pemeriksaan itu untuk mengumpulkan bahan data dan keterangan informasi yang diperlukan petugas.
Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Widi Amanasto bahkan pernah menyambangi kantor antirasuah untuk menyerahkan dokumen yang diminta KPK soal Formula E. Widi ditemani anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) DKI Jakarta, Bambang Widjojanto. Bambang adalah Wakil Ketua KPK periode 2011-2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.Co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper