Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kabar Baik, Dana KJP Plus Tahap II Tahun 2021 Cair

Pemprov DKI Jakarta telah mencairkan dana KJP Plus Tahap II tahun 2021 mulai kemarin. Cek besarnya dana pendidikan untuk masing-masing level.
Siswa pemilik Kartu Jakarta Pintar/Antara
Siswa pemilik Kartu Jakarta Pintar/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Ada kabar baik bagi penerima KJP Plus Tahap II Tahun 2021, bahwa dana bantuan Pendidikan dari Pemprov DKI Jakarta sudah cair.

Dikutip dari akun Instagram Disdik DKI Jakarta @disdikdki yang dilihat pada Sabtu (5/3/2022), bahwa pencairan dana mulai Jumat (4/3/2022).

Besar dana bantuan pendidikan untuk level SD Rp250.000. Berikutnya, dana KJP Plus untuk siswa SMP/SMPLB/MTs/PKBM sebesar Rp300.000. Sedangkan, untuk tingkat SMA/SMALB/MA Rp420.000 dan tingkat SMK Rp450.000.

KJP Plus adalah program strategis untuk memberikan akses bagi warga DKI Jakarta dari kalangan masyarakat tidak mampu untuk mengenyam pendidikan minimal sampai dengan tamat SMA/SMK dengan dibiayai penuh dari dana APBD Provinsi DKI Jakarta.

Manfaat dan dampak positif yang diharapkan dari siswa penerima KJP Plus, antara lain :

•Meningkatkan akses bagi anak usia 6 sampai dengan 21 tahun untuk mendapatkan layanan Pendidikan  sampai tamat satuan pendidikan menengah untuk mendukung pelaksanaan Pendidikan Menengah  Universal/Rintisan Wajib Belajar 12 Tahun.

•Meringankan biaya personal pendidikan.

•Mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah (drop out) atau tidak melanjutkan pendidikan  akibat kesulitan ekonomi.

•mendorong siswa putus sekolah (drop out) atau anak tidak sekolah agar mendapatkan layanan  pendidikan di sekolah/Sanggar Kegiatan Belajar (SKB)/Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat  (PKBM)/Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) atau satuan pendidikan nonformal lainnya.

•Meningkatkan pencapaian target Angka Partisipasi Kasar Pendidikan Dasar dan Menengah

•Meningkatkan kesiapan siswa pendidikan menengah maupun peserta pendidikan kesetaraan dan kursus  untuk memasuki pasar kerja atau melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler