Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov DKI Siagakan 2.500 Petugas Kebersihan Saat Idulfitri

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menyiagakan 2.500 petugas untuk menjaga kebersihan Ibu Kota sejak malam takbiran hingga Idulfitri 1443 Hijriyah
sampah jakarta, sampah monas / Antara
sampah jakarta, sampah monas / Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menyiagakan 2.500 petugas untuk menjaga kebersihan Ibu Kota selama Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan bahwa pihaknya juga menyiagakan ratusan truk sampah dan 88 unit kendaraan penyapu jalan otomatis atau road sweeper.

"Kami siagakan 50 petugas di setiap kecamatan. Lebih dari 2.500 personel di seluruh Jakarta yang bertugas saat malam takbiran hingga hari H Idulfitri. Termasuk, TPST Bantargebang yang tetap melakukan pelayanan,” katanya via siaran pers, Rabu (27/4/2022).

Dinas Lingkungan Hidup juga menyiapkan personil dan sarana untuk penanganan sampah saat arus mudik di lokasi stasiun dan terminal.

Hal tersebut merupakan implementasi dari SE Menteri LHK No. Se.3/MENLHK/PSLB3/PLB.0/4/2022 tentang Pengendalian Sampah dalam Rangka Mudik Lebaran.

“Di lokasi penganan sampah seperti stasiun dan terminal, kami akan melakukan imbauan Mudik Minim Sampah, yaitu dengan membawa KBRL, wadah makan dan wadah minum sendiri dari rumah saat melakukan perjalanan mudik agar masyarakat tidak menghasilkan sampah,” kata Asep.

Asep menambahkan, dinas juga menyiapkan fasilitas penampungan sampah terpilah oleh pengelola stasiun dan terminal di beberapa lokasi.

Satuan Pelaksana Lingkungan Hidup Kecamatan dan pengemudi truk sampah, sambungnya, juga diinstruksikan untuk melakukan pengosongan Tempat Penampungan Sampah Sementara (TPS) di seluruh wilayah Jakarta sejak H-4.

Hal ini bertujuan agar TPS dapat menampung sampah dengan kapasitas maksimal pada saat libur hari H dan H+1 lebaran.

Berdasarkan data Dinas Lingkungan Hidup, rata-rata per hari berat sampah yang dikirim ke TPST Bantargebang pada kondisi normal berkisar 7.000- 8.000 ton per hari dengan 1.300 - 1.400 rit truk sampah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmad Fauzan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper