Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penyelenggaran Formula E Antisipasi Cuaca Ekstrem saat Balap

Pihak penyelenggara Formula E (FEO) menyiapkan langkah antisipasi kondisi cuaca ekstrem saat ajang balap Formula E Jakarta.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 01 Juni 2022  |  20:56 WIB
Penyelenggaran Formula E Antisipasi Cuaca Ekstrem saat Balap
Foto udara lintasan Sirkuit Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) yang telah diaspal di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Rabu(13/4/2022). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pihak penyelenggara Formula E yakni Formula E Operation (FEO) menyatakan kesiapannya dalam mengantisipasi kondisi cuaca ekstrem saat berlangsungnya gelaran balapan Formula E di Ancol, Sabtu (4/6/2022).

Consultant Safety, Health and Environment (HSE) FEO Richard Bate memastikan fasilitas dan infrastruktur Jakarta International E-Prix Circuit di Ancol siap menghadapi situasi hujan dengan intensitas tinggi. Pihaknya juga telah menyiapkan mitigasi bila terjadi hujan dalam waktu lama.

Richard menjelaskan bahwa dari hasil peninjauan infrastruktur trek balapan teknisi dan engineer menunjukan pihak PT Jakpro (Perseroda) sudah menyiapkan drainase saluran khusus menyalurkan volume air berlebih. Drainase ini penting untuk mencegah air tergenang di trek yang berpotensi mengganggu balapan.

“Drainase ini dirancang baik sekali, dan akan membuat air meresap cepat mengalir ke bawah sehingga tidak membuat genangan dan mengganggu balapan," kata Richard pada Rabu (1/6/2022).

Richard menambahkan pihaknya sudah melalui banyak sekali balapan di berbagai negara dunia, dengan berbagai musim. Demikian juga menghadapi situasi cuaca di Indonesia, dipastikan pihaknya siap mengakomodir sesuai dengan keadaan.

Dari sisi keamanan penonton secara umum, Richard mengungkapkan pihaknya akan mengarahkan semua orang untuk turun dari tribun jika cuaca sangat buruk, seperti ketika terjadi angin sangat kencang.

"Kami menyiapkan berbagai rencana dan mitigasi untuk menghadapi berbagai cuaca," ujarnya.

Event Director FEO Gemma Serra menambahkan apabila terjadi hujan dengan intensitas ringan seperti yang sering terjadi belakangan ini tidak akan bermasalah terhadap balapan.

Namun, apabila terjadi perubahan secara esktrem dengan intensitas hujan yang besar dan disertai angin kencang jangka waktu lama, serta melihat kondisi genangan air begitu banyak di trek, maka balapan akan dihentikan sementara.

"Hujan akhir-akhir ini cenderung tak mengancam balapan dan drainase pun sudah dirancang begitu baik," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cuaca ekstrem Formula E Jakarta Formula E
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top