Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JIS Jadi Kandang Persija di Liga 1, tapi Hanya untuk Pertandingan Besar

PT Jakarta Propertindo menyebut, bahwa JIS akan menjadi kandang klub sepak bola Persija
Jakarta International Stadium (JIS)./Antara
Jakarta International Stadium (JIS)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta PT Jakarta Propertindo (Jakpro) mengatakan bahwa Jakarta International Stadium (JIS) akan menjadi homebase atau kandang klub sepak bola Persija dalam Liga 1 2022-2023.

Kedua belah pihak hampir mencapai kesepakatan momerandum of understanding (MoU) atau nota kesepahaman setelah pihak Liga Indonesia Baru (LIB) melakukan pengecekan ke stadion baru tersebut.

"Iya confirm, di dalam MoU tersebut dituliskan, masih draft ya," kata Direktur Bisnis PT Jakpro Gunung Kartiko dalam rapat dengan Komisi E DPRD DKI Jakarta, Selasa (28/6/2022).

Namun, tidak semua pertandingan Liga 1 akan digelar di JIS. Persija memilih untuk menggelar beberapa pertandingan kecil di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat.

"MoU sudah tuker-tukeran draf, kenapa kemarin ada Stadion Patriot? Untuk pertandingan yang membutuhkan venue besar itu akan di JIS. Tapi untuk pertandingan kesebelasan yang tidak menghasilkan penonton yang banyak mereka akan menggunakan patriot. Jadi memang akan menggunakan di luar homebase," papar Gunung.

Tidak semua pertandingan dilakukan di JIS lantaran biayanya terlalu berat.

"Jadi tidak semua akan di JIS karena terlalu besar dan biayanya terlalu berat untuk mereka," katanya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya, mengatakan bahwa dirinya berharap JIS bisa menjadi kandang Macan Kemayoran.

"Hari ini adalah hari yang bagi kami menjadi penting karena hari ini, janji itu dilunasi. Janji untuk membangun stadion bertaraf internasional, yang akan bisa digunakan sebagai homebase bagi Persija dan juga homebase bagi The Jak," kata Anies Baswedan di Jakarta, Sabtu (7/5/2022).

Dia berharap JIS dapat digunakan dengan optimal. Stadion tersebut bukan hanya digunakan untuk event olahraga saja.

"Dari awal JIS ini dirancang untuk multievent. Baik event olahraga, seni, budaya, keagamaan, sosial, itu bisa menggunakan fasilitas ini," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper