Anies Pimpin Upacara Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Indonesia di Monas

Anies Baswedan memimpin upacara pengibaran bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Indonesia di Plaza Selatan Monas.
Anies Baswedan memimpin upacara pengibaran bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Indonesia di Plaza Selatan Monas / Bisnis-Pernita Hestin
Anies Baswedan memimpin upacara pengibaran bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Indonesia di Plaza Selatan Monas / Bisnis-Pernita Hestin

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin upacara pengibaran bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Indonesia di Plaza Selatan Monumen Nasional (Monas), Rabu (17/8/2022).

Dalam upacara yang dimulai pada pukul 07.00 WIB, Anies terlihat mengenakan pakaian dinas upacara berwarna putih lengkap dengan topi pet Gubernur berwarna hitam. 

"Lapor upacara bendera dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia di daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta siap dilaksanakan," kata Komandan Upacara Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Umum Moh Rizki Adhari di Plaza Selatan Monumen Nasional (Monas), Rabu (17/8/2022). 

"Lanjutkan," jawab Anies.

Upacara kemudian dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih yang dilakukan oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Provinsi DKI Jakarta. Pembawa Baki Bendera Satya Wina Safitri dari SMA Budhi Warma II Jakarta Timur bertugas menerima bendera merah putih dari Anies sebelum dikibarkan. 

Setelah pengibaran bendera, upacara kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Inspektur Upacara. 

"Sang merah putih dikibar tinggikan oleh banyak orang dengan energi keringat air mata bahkan nyawanya. Mayoritas tidak pernah dikenal, tidak terpampang di buku sejarah, tetapi mereka berada di balik berkibarnya merah putih. Mengheningkan cipta ini jangan dijadikan sebagai seremoni, renungkan peran mereka dan renungkan peran kita hari ini untuk menjaga kibar merah putih. Doakan mereka agar merah putih tetap berkibar tinggi di tanah tercinta ini, mengheningkan cipta dimulai," kata Anies. 

Setelah itu Kepala Subbag Tata Usaha Kota Administrasi Jakarta Pusat Alexander Lembong bertugas membacakan teks Pancasila. Sementara itu, Pembacaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 oleh Kepala Seksi Pengawasan dan dan Pengendalian TU Lussy Miftakhirodhiyah.

Inspektur Upacara kemudian membacakan amanat dan barisan diistirahatkan. Dilanjutkan dengan pembacaan doa, laporan Komandan Upacara, dan penghormatan kepada Inspektur Upacara. Anies kemudian meninggalkan mimbar dan upacara pun selesai. Setelah itu, barisan dibubarkan, upacara diketahui dihadiri oleh seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper