Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Begini Rencana Dishub DKI Rekayasa Lalu Lintas di Ancol hingga Taman Mini Saat Lebaran 2023

Antisipasi kepadatan lalu lintas, Dishub DKI lakukan rekayasa lalu lintas di pusat keramaian.
Kawasan Ancol.
Kawasan Ancol.

Bisnis.com, JAKARTA — Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menyiapkan rekayasa lalu lintas guna mengantisipasi kepadatan lalu lintas (lalin) di pusat keramaian saat libur Lebaran. 

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, rekayasa lalu lintas tersebut perlu dilakukan untuk menjaga arus lalin di sekitar lokasi wisata tetap lancar, aman, dan nyaman. 

“Lokasi yang kami antisipasi adalah di sekitar tempat wisata yang biasanya jadi tujuan warga berkunjung saat libur Lebaran. Oleh karena itu, kami telah menyiapkan petugas untuk berjaga dan membantu pengaturan lalu lintas agar tetap berjalan dengan baik,” jelas Syafrin dalam keterangan resmi, Kamis (20/4/2023).

Syafrin juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk menggunakan transportasi umum menuju ke lokasi wisata agar  terhindar dari kemacetan, dan jika menggunakan kendaraan pribadi, diimbau untuk tetap patuhi peraturan lalu lintas serta arahan petugas di lapangan.

Masyarakat juga dihimbau untuk memakai masker dan menerapkan protokol kesehatan selama berada di kerumunan guna meminimalisir penyebaran kasus Covid-19.

Adapun warga yang tidak mudik dihimbau turut berpartisipasi menjaga keamanan lingkungan dengan melakukan pemantauan tetangga dan rumah warga yang ditinggal mudik serta antisipasi jika ada warga yang tidak dikenal beraktivitas di lingkungannya.

Berikut rekomendasi rekayasa lalu lintas di lokasi-lokasi wisata, antara lain:

Kawasan Tanah Abang

  • Melakukan blokade Jalan Cideng Timur dan Jalan Jatibaru sisi Pasar Tasik agar tidak ada kendaraan parkir
  • Melakukan penjagaan dan penertiban Jalan Jatibaru samping flyover (halte Transjakarta) agar kendaraan tidak ngetem serta pengaturan sistem buka tutup u-turn di bawah kolong
  • Melakukan sistem buka tutup pada u-turn arah utara di Jalan K. H. Mas Mansyur sisi utara Metro Tanah Abang/Blok A.

Kawasan Kebon Kacang

  • Jalan Kebong Kacang Raya yang semula 2 arah menjadi 1 arah ke barat, planter box bergeser untuk proteksi lajur sepeda, jumlah lajur dapat menjadi 3 lajur.
  • Dilakukan pengaturan simpang dengan kanalisasi untuk mengurai titik konflik lalu lintas.
  • Lokasi penataan tenda Pedagang Kaki Lima (PKL) di Jalan Teluk Betung 2 (akses kendaraan ditutup).
  • Lalu lintas di Jalan Teluk Betung Boulevard yang semula 1 arah ke selatan menjadi 2 arah.
  • Lalu lintas yang biasa menggunakan Jalan Teluk Betung 2 untuk menuju ke arah timur (Jalan Kebon Kacang Raya) dialihkan melalui Jalan Teluk Betung Boulevard. 

Kawasan Taman Margasatwa Ragunan

  • Pemberlakuan Sistem Satu Arah (SSA) pagi pada pukul 06.00-10.00 (arah masuk) dan sore pukul 16.00-18.00 (arah keluar) dan segmentasi jalur kendaraan.
  • Sterilisasi jalur dari hambatan samping (PKL dan parkir liar) serta plotting petugas dengan perkuatan anggota yang cukup.
  • Menutup simpang Jl. T. B. Simatupang-Jl. Warung Jati Barat-Jl. R. M. Harsono dengan water barrier kecuali Transjakarta (opsional).
  • Diskresi apabila Jl. R.M Harsono sudah stuck dialihkan ke Pintu Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper