Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dukung Jakarta jadi Kota Bisnis, Bank DKI Genjot Transformasi Digital

Bank DKI berupaya melakukan digitalisasi dalam upaya mendukung Jakarta menjadi kota bisnis global.
Bank DKI rilis aplikasi berbasis komunitas, JakOne Artri/ Foto: Bank DKI
Bank DKI rilis aplikasi berbasis komunitas, JakOne Artri/ Foto: Bank DKI

Bisnis.com, JAKARTA — BUMD PT Bank DKI terus menggenjot transformasi digital untuk mendukung Jakarta menjadi kota bisnis usai tidak lagi menjadi ibu kota. Upaya ini juga dilakukan karena beberapa tahun terakhir digitalisasi menjadi tonggak utama dalam industri perbankan. 

Direktur Teknologi & Operasional merangkap Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Bank DKI Amirul Wicaksono mengatakan inisiatif transformasi digital Bank DKI dilakukan untuk memperluas akses dan meningkatkan nilai tambah atas produk dan layanan. 

“Tidak hanya itu, digitalisasi dilakukan juga untuk memperkuat kemitraan dengan Pemerintah Provinsi [Pemprov] DKI Jakarta selaku pemegang saham," ujar Amirul dalam keterangan resmi, Kamis (21/9/2023).

Dalam upaya digitalisasi, Bank DKI telah melakukan pengembangan produk dan layanan digital, melalui aplikasi JakOne Mobile sebagai super apps, dengan berbagai fitur yang dapat mengakomodir berbagai kebutuhan transaksi keuangan harian secara digital.

Digitalisasi lainnya melalui JakOne Abank yang bertujuan untuk mendukung perkembangan para pelaku UMKM dan dapat memberikan nilai tambah bagi pengembangan usaha melalui sistem keagenan.

“Selain itu, Bank DKI terus melakukan pengembangan aplikasi digital lending, dengan tujuan menghadirkan kemudahan proses pengajuan kredit,” jelasnya.

Pada kesempatan yang berbeda, Sekretaris Perusahaan Bank DKI Arie Rinaldi mengatakan transformasi digital merupakan langkah penting dalam menjawab kebutuhan pelanggan dan mendukung perkembangan ekonomi dan sosial di daerah.

Untuk itu, Bank DKI berkomitmen untuk terus berinovasi dan menyediakan solusi perbankan digital terbaik bagi masyarakat dan pemerintah daerah melalui pengembangan produk digital yang tengah dilakukan tersebut.

Sebagai informasi, saat ini Bank DKI juga telah melakukan berbagai inisiatif untuk memperluas akseptasi produk transaksi digital berbasis kartu, JakCard mulai dari tiket elektronik di berbagai jaringan transportasi di Kota Jakarta, seperti jaringan JakLingko, Transjakarta, MRT Jakarta, LRT Jakarta, hingga yang terbaru yakni jaringan KRL dan LRT Jabodebek.

JakCard Bank DKI pun dapat digunakan sebagai tiket masuk di sejumlah tempat wisata kelolaan Pemprov DKI Jakarta, hingga pembayaran di sejumlah ruas tol seperti Jagorawi, JORR, Bogor Outer Ring Road, ruas tol dalam kota hingga tol Bali-Mandara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper