Transjakarta Siapkan Skema Tambah Armada Malam pada Libur Tahun Baru 2024

Transjakarta akan menambah armada bus yang akan dioperasionalkan hingga pukul 02.00 dini hari pada masa libur Tahun Baru. 2024.
Pekerja melintas di dekat deretan bus TransJakarta di Jakarta, Sabtu (27/8/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Pekerja melintas di dekat deretan bus TransJakarta di Jakarta, Sabtu (27/8/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) telah memperhitungkan acuan untuk penambahan armada bus yang akan dioperasionalkan hingga pukul 02.00 dini hari pada masa libur Tahun Baru 2024. 

Direktur Operasional dan Keselamatan Transjakarta, Daud Joseph mengatakan pihaknya akan mengacu pada data pergerakan masyarakat pada periode liburan akhir tahun dalam beberapa tahun terakhir. 

"Saat Tahun Baru, titik Bundaran HI, akan menjadi pusat konsentrasi massa dalam merayakan pergantian tahun, sehingga akan ada perpanjangan masa layanan sampai jam 02.00 pagi," kata Daud saat ditemui di Jakarta, Selasa (19/12/2023). 

Meskipun selama ini Transjakarta telah mengoperasikan angkutan malam hari dari pukul 22.00-05.00 WIB untuk koridor tertenu, namun jumlah armada tersebut tidak akan memadai kebutuhan masyarakat momen tahun baru.

Oleh karena itu, pada pergantian tahun, pihaknya akan menambah sejumlah untuk yang akan difungsikan hingga pukul 02.00 pagi. Jika mengacu pada tahun baru 2023 lalu, penambahan armada malam bisa sekitar 25%.

"Ini adalah acuan dasar saja, namun pergerakan operasional saat pelaksanaan nanti biasanya akan menyesuaikan dengan kondisi aktual di lapangan," tuturnya. 

Apabila animo masyarakat membesar maka tak menutup kemungkinan bus Transjakarta akan ditambah unitnya. Dia memastikan akan ada bus-bus cadangan yang dapat dikeluarkan ketika dibutuhkan. 

Lebih lanjut, dia mencontohkan akhir tahun 2022 lalu di koridor 1 terdapat 60 uni bus reguler yang beroperasi, karena lonjakan penumpang, maka armada bus ditambah 15 unit hingga pukul 02.00 pagi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper