Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Oleh-oleh Khas Jakarta: Dari Makanan Warisan Betawi Hingga Souvenir

Oleh-oleh khas Jakarta, mulai dari makanan hingga souvenir, bisa menjadi pilihan untuk dibawa saat mengunjungi sanak saudara di kampung halaman.
Pengamen ondel-ondel melintas di kawasan Gandaria, Jakarta, Senin (17/2/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Pengamen ondel-ondel melintas di kawasan Gandaria, Jakarta, Senin (17/2/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Souvenir Khas Jakarta

Selain makanan, souvenir khas Jakarta juga tersedia sebagai oleh-oleh bagi kerabat di kampung halaman. Berikut ini lima souvenir oleh-oleh khas Jakarta:


1. Batik Betawi

Berbeda dengan motif dan warna batik dari daerah lain, Batik Betawi dikenal memiliki ciri khas tersendiri. Batik Betawi menggambarkan kultur Betawi yang dipengaruhi oleh budaya Arab, India, Belanda, dan China seperti warna cerah menjadi salah satu identitas Batik Betawi. 

Motif Batik Betawi pun cukup beragam. Mulai dari motif klasik seperti Pucuk Rebung, Salakanagara, Rasamala, Nusa Kelapa, Bambu Kuning, Melati Gambir, dan Kembang Sepatu.

Kemudian dikembangkan dengan motif kontemporer yang terinspirasi dari ikon Jakarta, seperti Ondel-ondel, Tugu Monas, Si Pitung, Alat Musik Tanjidor, Bajaj, dan lainnya.


2. Kebaya Kerancang

Kebaya kerancang merupakan busana resmi yang harus dikenakan dalam pesta perkawinan oleh ibunda kedua calon pengantin. Dilansir dari laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kebaya kerancang dibuat dengan model Kartini dengan ujungnya yang sondai (meruncing ke bawah di bagian depan 20 cm–30 cm dari bagian datar di pinggul) atau bisa juga berbentuk kebaya panjang Nyak Betawi, yang bawahnya datar sebatas 3 cm–5 cm di atas lutut yang disebut kebaya panjang.

Bordir kerancang merupakan hasil kreasi seni wanita Betawi yang diadaptasi dan kristalisasi budaya dari China, Arab, Belanda, Portugis dan dicampur dengan kemampuan pengolahan dan imajinasi masyarakat Betawi. Bahan kebaya itu dibordir kerancang dengan motif kembang pada bagian yang sondai dan pada pergelangan tangan.


3. Baju Sadariah

Dikutip dari laman setubabakanbetawi.com, baju sadariah merupakan sebuah baju polos yang tidak mempunyai motif dan hanya memiliki satu pilihan warna saja. Pakaian adat ini digunakan sehari-hari dan hanya diperuntukan untuk para pria betawi yang telah dipanggil dengan sebutan abang.

Baju sadariah sekilas hampir mirip dengan baju koko pada umumnya, tetapi memiliki perbedaan yang tidak terlalu terlihat.


4. Souvenir Ondel-ondel

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa ondel-ondel merupakan seni pertunjukan rakyat yang sudah berabad-abad terdapat di Jakarta dan sekitarnya. Dikutip dari laman Kemendikbud, ondel-ondel Betawi berbentuk boneka besar yang terbuat dari anyaman bambu dengan rangkaian ijuk untuk bagian rambut, memiliki karakteristik yang khas dan merupakan sarana personifikasi leluhur atau nenek moyang, pelindung keselamatan kampung dan seisinya. 

Dewasa ini, souvenir ondel-ondel tersedia dalam bentuk boneka kecil dan juga gantungan kunci yang bisa menjadi oleh-oleh.


5. Baju Kaos

Baju kaos dengan gambar khas Jakarta atau budaya masyarakat Betawi juga bisa menjadi pilihan oleh-oleh untuk dibawa pulang. Baju kaos bergambar Monas sebagai ikon Jakarta dan ondel-ondel umumnya tersedia sebagai pilihan oleh-oleh khas dari kota yang dulunya bernama Batavia ini.

Halaman
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper