Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rumor Ridwan Kamil 'Didorong' Jokowi, Anies Tak Peduli

Anies tidak terlalu mempedulikan rumor tentang kepentingan Jokowi dibalik isu Ridwan Kamil maju sebagai calon gubernur Jakarta.
Eks Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 menemui awak media setelah mengikuti penyembelihan hewan kurban di Masjid Babul Khoirot, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Senin (17/6/2024). /Bisnis-Reyhan Fernanda Fajarihza
Eks Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 menemui awak media setelah mengikuti penyembelihan hewan kurban di Masjid Babul Khoirot, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Senin (17/6/2024). /Bisnis-Reyhan Fernanda Fajarihza

Bisnis.com, JAKARTA -- Nama Ridwan Kamil digadang-gadang bakal menjadi penantang Anies Baswedan di Pemilihan Gubernur alias Pilgub DKI Jakarta. Mantan Gubernur Jawa Barat tersebut telah mengantongi dukungan setidaknya dari Gerindra dan Golkar.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman menjelaskan, pihaknya terus jalin komunikasi dengan Partai Golkar ihwal Pilkada Jakarta 2024. Terutama, lanjutnya, agar Golkar mengusung Ridwan Kamil menjadi bakal calon gubernur Jakarta 2024.

"Menurut kami lebih baik RK [sapaan Ridwan Kamil] ke Jakarta," ujar Habiburokhman di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta Pusat, Kamis pekan lalu.

Apalagi, wakil ketua Komisi III DPR ini menilai Ridwan Kamil menjadi sosok yang paling pas untuk melawan Anies. Menurutnya, warga Jakarta cenderung lebih tertarik dengan sosok baru daripada tokoh lama seperti Anies.

Habiburokhman mencontohkan, meski Anies merupakan mantan gubernur DKI Jakarta namun perolehan suaranya tetap kalah dari Prabowo Subianto di ibu kota negara itu dalam ajang Pilpres 2024.

"Penantangnya [Anies] insyaAllah akan menang jika kita cari calon kuat seperti Pak RK, kenapa? Karena rakyat Jakarta ini selalu ingin yang baru," katanya.

Airlangga Tugaskan RK

Partai Golkar menyiapkan mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk bersaing dengan siapa saja di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Kendati demikian, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto menyebut masih akan menunggu sebelum memutuskan di mana RK bakal bertarung di Pilkada serentak.

Saat dimintai respons soal kemungkinan persaingan antara RK dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Airlangga menyebut kadernya bakal disiapkan untuk bersaing dengan siapa saja.

"Ya pokoknya RK dipersiapkan untuk melawan siapapun lawannya," ujar Airlangga saat ditemui di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (14/6/2024).

Respons Anies Baswedan

Adapun Anies Baswedan menanggapi pernyataan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang membandingkan dirinya dengan Ridwan Kamil (RK) terkait persiapan menuju Pilkada DKI Jakarta 2024.

Dia mengaku lebih mengkhawatirkan nasib warga Jakarta ketimbang sosok yang akan menjadi lawannya di Pilkada nanti.

“Yang penting itu warga Jakartanya, bukan siapa yang ikut [Pilkada]nya,” katanya kepada awak media di lokasi, Senin (17/6/2024).

Menurut Anies, Jakarta masih mempunyai banyak pekerjaan rumah agar bisa menjadi kota yang penduduknya setara.

Permasalahan tersebut di antaranya berkaitan dengan kurangnya lapangan kerja hingga perlindungan atas tempat tinggal.

Dia lantas mencontohkan nasib warga eks Kampung Bayam di Jakarta Utara yang hingga saat ini masih terkendala tempat tinggal.

“Mereka yang membutuhkan pekerjaan agar mendapat pekerjaan, yang butuh perlindungan agar mendapat perlindungan. Lebih penting ngomongin kampung bayam, daripada telantar terus,” sambung Gubernur DKI Jakarta periode 2017–2022 ini.

Selain itu, Anies juga enggan berbicara banyak mengenai hasil survei elektabilitasnya yang terbilang tinggi di DKI Jakarta belakangan ini.

Dirinya menyerahkan hal tersebut sepenuhnya kepada warga Jakarta yang menggunakan hak pilihnya nanti.

“Semuanya adalah pilihan warga Jakarta, kita tunggu saja aja nanti,” pungkas Anies.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper