Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dharma Pongrekun-Kun Wardana Tak Lolos Verifikasi Faktual Pilgub Jakarta

KPU DKI Jakarta menyatakan bahwa bakal pasangan calon jalur independen, Dharma Pongrekun-Kun Wardana tidak lolos verifikasi faktual kesatu Pilgub Jakarta 2024.
Pilkada 2024/kpukotacimahi
Pilkada 2024/kpukotacimahi

Bisnis.com, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menyatakan bakal pasangan calon jalur independen, Dharma Pongrekun-Kun Wardana tidak lolos verifikasi faktual kesatu Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Divisi Partisipasi Masyarakat KPU DKI, Astri Megatari usai rapat pleno hasil verifikasi faktual berjenjang yang digelar pada Rabu (24/7/2024) malam.

“Jumlah dukungan dari bakal pasangan calon perseorangan yang telah diverifikasi tersebut masih kurang dari syarat minimal yaitu sebanyak 618.968 dukungan yang minimal tersebar di empat kabupaten/kota,” katanya di Kantor KPU DKI, Jakarta Pusat, Rabu (24/7/2024).

Dia menjelaskan, dari 721.221 data dukungan yang diserahkan pasangan Dharma-Kun, hanya 183.043 di antaranya yang dinyatakan memenuhi syarat (MS).

Sementara itu, pihaknya menyatakan 538.178 data lainnya tidak memenuhi syarat atau TMS.

Dengan demikian, KPU DKI memberikan kesempatan bagi pasangan Dharma-Kun untuk melakukan perbaikan syarat tersebut hingga beberapa hari ke depan, sebelum beranjak pada tahap berikutnya.

“Kami sudah sampaikan kepada bakal pasangan calon untuk mengirimkan kembali datanya dari hari Kamis sampai hari Sabtu [27 Juli, atau sampai 3 hari ke depan,” jelas Astri.

Diberitakan sebelumnya, KPU DKI Jakarta melakukan verifikasi faktual terhadap dukungan Dharma Pongrekun-Kun Wardana dengan mendatangi langsung rumah 721.221 warga.

Ketua Divisi Teknis KPU DKI, Dody Wijaya mengatakan bahwa jumlah itu diperoleh dari dokumen warga yang dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) dari tahapan verifikasi administrasi perbaikan. Tahapan tersebut dilakukan pada 11 Juli hingga 21 Juli.

“Kami akan mendatangi dari rumah ke rumah sejumlah 721.221 warga pendukung yang lolos verifikasi administrasi untuk kami lakukan verifikasi faktual,” katanya di Kantor KPU DKI, Jakarta Pusat, Selasa (10/7/2024).


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper