Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pramono Diusung PDIP di Pilkada Jakarta: 4 Hari Lalu Enggak Kepikiran

Politisi PDI Perjuangan (PDIP) Pramono Anung bersama Rano Karno akan mendaftarkan diri untuk maju di Pilkada Jakarta 2024 hari ini, Rabu (28/8/2024).
Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Jakarta dari PDIP Pramono Anung dan Rano Karno. Dok Instagram @si.rano
Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Jakarta dari PDIP Pramono Anung dan Rano Karno. Dok Instagram @si.rano

Bisnis.com, JAKARTA — Sekretaris Kabinet (Seskab) yang juga politisi PDI Perjuangan (PDIP) Pramono Anung bersama Rano Karno akan mendaftarkan diri untuk maju di Pilkada Jakarta 2024 hari ini, Rabu (28/8/2024).

Keduanya menjadi bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang diusung PDIP.

Pramono mengaku bahwa pencalonannya sebagai bakal calon gubernur (cagub) Jakarta sesuai arahan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dikabarkan baru beberapa hari lalu.

Seperti diketahui, nama mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan sebelumnya menjadi calon kuat yang bakal mendapatkan tiket dari PDIP.

"Kalau saya disurvei hari ini, bahkan namanya aja enggak ada. Karena memang hampur tujuh tahun saya tidak pernah membuat statement di ruang publik, walaupun tugas sebagai seskab salah satunya adalah manajemen presiden dan mengkomunikasikan apa yang menjadi hasil dari keputusan sidang kabinet," katanya kepada wartawan saat ditemui di rumahnya di bilangan Cipete, Jakarta Selatan, Rabu (28/8/2024).

Mantan Sekjen PDIP itu menyadari bahwa tugasnya selama menjadi Seskab Presiden Joko Widodo (Jokowi) merupakan tugas dapur. Dia pun menegaskan bahwa tidak pernah meminta jabatan ke Jokowi maupun Megawati, termasuk untuk mencalonkan diri di Pilkada Jakarta.

"Itulah mengapa saya benar-benar membatasi diri dan sekarang ini karena partai memutuskan untuk saya, bahkan sebenarnya empat hari lalu, saya betul-betul berpikir aja enggak, berkeinginan saja enggak," ucapnya.

Pria yang pernah menjabat empat periode sebagai anggota hinggs pimpinan DPR ini lalu mengungkap, hari ini dia seharusnya cuti. Dia bahkan telah meminta izin ke Presiden Jokowi. "Tapi karena saya mendapatkan amanah, saya pasti akan bekerja keras untuk itu. Saya bukan orang yang setengah-setengah saya akan bekerja keras," ujarnya.

Adapun Bendahara Umum PDIP Olly Dondokambey menyebutkan pasangan Pramono Anung-Rano Karno mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) sebagai bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur hari ini, Rabu (28/8/2024).

"Pak Pram besok mendaftar jam 11 di KPU sama Rano Karno," ujar Olly kepada wartawan di Jakarta, Selasa (27/8/2024).

Olly mengatakan baik Pramono dan Rano Karno akan langsung mendaftar ke KPUD tanpa pengumuman seperti beberapa bakal calon kepala daerah yang diusung PDIP sebelumnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dany Saputra
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper