Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anies Ingin Jakarta Masuk Radar Percakapan Kota di Dunia

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Jakarta harus masuk dalam percakapan radar kota di dunia, karena Jakarta kota terbesar nomor dua setelah Tokyo di Asia.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperlihatkan kartu Ok-Otrip, Kamis (14/12/2017)./ Dok.  Diskominfotik Pemprov DKI.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperlihatkan kartu Ok-Otrip, Kamis (14/12/2017)./ Dok. Diskominfotik Pemprov DKI.

Bisnis.com, MAROKO - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Jakarta harus masuk dalam percakapan radar kota di dunia, karena Jakarta kota terbesar nomor dua setelah Tokyo di Asia.

"Kami di Jakarta tanggungjawab domestiknya besar sekali, sehingga kita terlalu fokus pada domestik, padahal Jakarta ini Ibu Kota, bukan kota," kata Anies di Ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Rabat, Maroko, Selasa (17/4/2018) malam waktu setempat.

Terkait hal itu, Anies bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno berkomitmen bukan hanya hadir di kancah domestik tapi juga percakapan dunia.

Kunjungan Anies ke Maroko dan Turki kali ini adalah kunjungan pertamanya ke luar negeri sejak menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Maka saya dan Bang Sandi berkomitmen bukan hanya hadir di domestik, tapi di radar percakapan dunia. Kalau kita datang ke tempat ini, Afrika tumbuh besar karena terinspirasi konferensi Asia Afrika dan itu pasti 'spirit of bandung'," kata Anies.

"Dan Indonesia adalah pemain global. Saya rasa hari ini merasa Indonesia harus jadi pemain global bukan sebagai pendengar tetapi memberikan pikiran, hadir mengirim gagasan.”

Menurut Anies Indonesia memiliki pengalaman yang dahsyat dalam mengelola negara selama 73 tahun ini, tapi seringkali mempromosikannya kurang.

"Menurut saya kita datang ke luar negeri bukan hanya sebagai pendengar, tapi kita harus mempromosikan dan di sini. Jakarta dengan plus minusnya, tapi juga 'exiting', makanya bergantian dengan Pak Sandi ke luar negeri. Kemarin Pak Sandi ke Dubai dan Jepang. Kita ingin tunjukkan ke luar, bahwa ini negara nomor empat terbesar di dunia," tambah Anies.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper