Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dinas Pariwisata DKI Gelar Kampung Art Festival 23 November

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta menggelar Kampung Art Festival pada Sabtu (23/11).

Bisnis.com, JAKARTA - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta menggelar Kampung Art Festival pada Sabtu (23/11).

Karnaval anak-anak dan remaja itu akan digelar untuk pertama kalinya di Jakarta, tepatnya di sepanjang jalan dari Galeri Nasional melintasi Tugu Tani hingga Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat mulai pukul 15.00 hingga 17.30 WIB.

"Karnaval ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk kegiatan Kampung Art Festival dengan tema Jakarta Kids Art Carnival. Kita harapkan kegiatan ini bisa menjadi agenda rutin tahunan," ujar Arie Budiman, Kepala Disparbud DKI, Kamis (21/11).

Karnaval yang merupakan kerja sama Disparbud DKI dengan Sanggar Anak Akar itu akan mengangkat tema Legenda Nusantara dan diikuti sekitar 200 peserta anak dan remaja dari 20 komunitas anak di Jakarta dan juga perwakilan dari Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

"Kegiatan ini bertujuan mewujudkan ruang yang nyaman bagi anak-anak untuk mengekspresikan kemampuan kreatif mereka serta menghidupkan ruang seni dan budaya yang terbuka bagi anak-anak di Jakarta," ujar Arie.

Menurut Arie, Kampung Art Festival merupakan seni pertunjukan hasil karya workshop yang dilaksanakan di kampung-kampung komunitas yang ditampilkan dalam format parade di jalanan.

Dia menuturkan ratusan anak dari puluhan komunitas yang beragam latar belakang akan menampilkan kreativitas artistik di bidang kostum, tat rias, tata musik dan tata gerak sesuai dengan tema yang ditentukan.

"Sejak awal bulan November, workshop tata rias, pembuatan kostum, tata gerak dan musik telah dilaksanakan untuk mengoptimalisasi penampilan para komunitas dalam karnaval," tutur Arie.

Selama berlangsungnya karnaval tersebut tidak akan dilakukan penutupan jalan. Bagi pengunjung yang membawa kendaraan dapat diparkir di halaman gedung-gedung yang ada di sekitar lokasi karnaval.

"Penutupan jalan sengaja tidak dilakukan karena kita justru ingin mengajak seluruh warga untuk mengapresiasi kreativitas anak-anak dan remaja melalui karnaval tersebut," tambah Arie.

Dalam kegiatan itu, akan diberikan penghargaan untuk Desain Kostum Terbaik dan Komunitas Penampil Terbaik. Penyerahan penghargaan akan dilangsungkan di panggung kreatif Plaza Teater Jakarta Taman Ismail Marzuki (TIM) pada Sabtu (23/11) pukul 19.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper