Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Para Wali Kota Dunia Tinjau Bank Sampah Bogor

Para wali kota dan pejabat senior dari lima negara Afrika Selatan, Brazil, India, Indonesia, dan Portugal mengunjungi lokasi bank sampah di Kertamaya dan lokasi Sanimas Sindangsari Kota Bogor.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com
Bisnis.com, BOGOR - Para wali kota dan pejabat senior dari lima negara Afrika Selatan, Brazil, India, Indonesia, dan Portugal mengunjungi lokasi bank sampah di Kertamaya dan lokasi Sanimas Sindangsari Kota Bogor.
 
Kunjungan para pejabat lintas negara tersebut berkaitan dengan acara seminar International Networking yang dihelat oleh asosiasi global pemerintahan lokal ICLEI pada 5-8 Mei 2015 di Kota Bogor.
 
Irvan Pulungan, Country Director ICLEI Indonesia mengatakan ada dua titik yang menjadi sasaran kunjungan lapangan para peserta. Kedua titik tersebut adalah lokasi TPST 3R (reduce, reuse, recyle) dan bank sampah di Kertamaya dan lokasi Sanimas Sindangsari.
 
"Lokasi tersebut dipilih berdasarkan kesepakatan dengan OPD-OPD terkait di lingkungan pemerintah kota Bogor, termasuk Bappeda Kota Bogor," katanya, Kamis (7/5/2015).
 
Menurutnya, pihak ICLEI mengagendakan kunjungan lapangan sebagian untuk mengajak para peserta melihat langsung langkah pemerintah kota Bogor dalam membangun membangun kota yang rendah emisi dan berkelanjutan secara ekologis.
 
Di lokasi TPST 3R dan bank sampah Kertamaya, para peserta seminar tersebut berdialog langsung dengan para pengelola tentang bagaimana mekanisme pengelolaan TPST 3R dan bank sampah.
 
Dian Herdiawan, Kepala Bidang Pembinaan Pengelolaan Sampah Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bogor mengatakan pengelolaan sampah melalui TPST 3R dan bank sampah bisa menjadi solusi untuk mengatasi keterbatasan lahan pembuangan sampah diawali dengan pemilihan di setiap rumah tangga.
 
Saat ini, memang belum semua kecamatan di Bogor mempunyai bank sampah. Jika TPST 3R dan Bank Sampah berjalan optimal, kami yakin bisa mereduksi sampah sekitar 13 persen sampah, kata Dian.
 
Dia menambahkan, bila seluruh 68 kelurahan di Kota Bogor sudah memiliki bank sampah dapat mengurangi kapasitas sampah yang terangkut ke tempat pembuangan akhir sampah.
 
Adapun, para pejabat yang berkunjung ke bank sampah di Bogor antara lain Mayor f Thane India Sanjay More, Mayor of Recife Brazil Geraldo Julio, Mayor of KwaDukuza Afrika Selatan Ricardo Mthembu, Executive Mayor of Steve Tshwete Munipicality Mike Masina, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Wali Kota Bogor Bima Arya dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Khoer
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper