Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HUT DKI Ke-488, Dinas Pariwisata Anggarkan Rp8 Miliar untuk Jakarnaval

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta kembali menggelar parade Jakarnaval 2015 pada Minggu (7/6) dengan anggaran dana sekitar Rp8 miliar.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA -  Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta kembali menggelar parade Jakarnaval 2015 pada Minggu (7/6) dengan anggaran dana sekitar Rp8 miliar.  

Dana untuk memeriahkan rangkaian acara HUT DKI ke-488 itu naik Rp500 juta dibandingkan dengan anggaran kegiatan sama pada 2014, sebesar Rp7,5 miliar.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Purba Hutape kepada wartawan di Silang Monas, Jakarta, Kamis (4/6/2015) mengatakan,

"Jakarnaval dilaksanakan lebih awal dari Hari Ulang Tahun DKI Jakarta, yakni tanggal 22 Juni 2015 untuk menghormati bulan suci Ramadhan yang akan mulai pada tanggal 18 Juni 2015," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Purba Hutape,Kamis (4/6).

Rute peserta Karnaval akan dimulai dari Plaza Timur Monas, menuju Jalan Medan Merdeka Utara, belok ke jalan Merdeka Barat.

Selanjutnya, kelompok kendaraan hias akan menuju ke Jalan Thamrin hingga Bundaran HI. Adapun kelompok komunitas hobi dan seni budaya akan berbelok ke jalan Medan Merdeka Selatan dan Finish di Silang Barat Daya Monas.

Terkait dengan rute yang akan dilalui oleh peserta Jakarnaval 2015 ini, Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan melakukan pengalihan arus lalu lintas hingga pukul jam 17.00 WIB, sedangkan kegiatan hiburan akan berlangsung hingga pukul 19.00 malam.

Anggaran yang dikeluarkan, kata Purba, digunakan untuk membayar artis dan grup band Ibu Kota yang akan manggung di Silang Monas. Selain itu, untuk biaya operasional dan insentif sejumlah pihak yang akan tampil.

Nantinya, Jakarnaval 2015 dijadikan  forum sosialisasi keberhasilan pembangunan oleh berbagai SKPD dan BUMD di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Selain itu, Jakarnaval 2015 dimaksudkan untuk meningkatkan jumlah wisatawan nusantara dan mancanegara untuk berwisata ke DKI Jakarta," ujar Purba.

Ketua Asosiasi Karnaval Indonesia Susilo Adinegoro menjelaskan Jakarnaval 2015 akan  dimeriahkan oleh  penampilan 35 komunitas hobi dan seni budaya, street art perfomance, marching band, dan komunitas paramotor Indonesia, serta 22 kendaraan hias dari SKPD, BUMD, BUMN, dan pihak swasta.

Selain itu juga akan dimeriahkan artis dan grup band Ibu Kota, seperti, Zaskia Gotik, Trio Macan, Fitri Karlina, D'massiv, Wali, Budi Doremi, Krispatih, dan JKT 48.

"Dengan demikian Jakarnaval 2015 ini juga sekaligus berfungsi sebagai panggung hiburan rakyat," ungkapnya.

Kegiatan hiburan akan dimulai sejak pukul 12.00 WIB, sedangkan pelepasan peserta Karnaval akan dilaksanakan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki T. Purnama pada pukul 15.30 WIB.

Untuk mendukung acara perhelatan Jakarnaval 2015, melibatkan ratusan personil keamanan dari Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, Polres Jakarta Pusatdan Satpol PP Provinsi DKI Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper