Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Seluruh Izin Metromini di Jakarta Hangus November 2016

Kepala Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP) DKI Jakarta, Edi Junaedi mengatakan seluruh izin armada Metromini yang usianya diatas 10 tahun dipastikan akan dibekukan izinnya per November 2016 mendatang.n
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 24 Februari 2016  |  14:18 WIB
Seluruh Izin Metromini di Jakarta Hangus November 2016
Petugas mengevakuasi metromini yang tertabrak rangkaian KRL di perlintasan Stasiun Angke, Jakarta, Minggu (6/12). - Antara
Bagikan

Kabar24.com, JAKARTA - Kepala Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP) DKI Jakarta Edi Junaedi mengatakan seluruh izin armada Metromini yang usianya di atas 10 tahun dipastikan akan dibekukan izinnya per November 2016 mendatang.

Ketentuan tersebut tertuang dalam Pasalnya ‎Peraturan Daerah (Perda) No. 5/2014 tentang Transportasi yang diterbitkan pada 28 April 2014. ‎Dia memaparkan Pemprov DKI sudah memberi batas waktu pemberlakukan Perda hingga 1,5 tahun sejak diundangkan.

"Ini artinya seluruh izin operasional kendaraan yang dikeluarkan maksimal pada November 2015 lalu. Izinnya itu setahun sehingga jika ada yang mengajukan perpanjangan hingga November tahun lalu maka akan hangus tahun ini karena seluruh kendaraan usianya di atas 10 tahun," ujarnya, Rabu (24/2/2016)

Dia mengatakan kebanyakan pemilik Metromini sangat sulit untuk meremajakan kendaraan. Berdasarkan data BPTSP DKI, jumlah angkutan umum berukuran kecil seperti koperasi wahana kalpika (KWK) dan mikrolet sudah 981 mengajukan izin Januari 2016 dari jumlah 1.039 tahun 2015 lalu.

"Izin usaha angkutan kecil bisa diperpanjang karena ikut aturan, kalau Metromini tidak mau meremajakan armada ya terpaksa izinnya kami tahan," jelasnya.

Lebih lanjut, dengan tidak dikeluarkannya izin tersebut oleh BPTSP DKI maka secara keseluruhan kartu izin usaha dan kartu izin operasional Metromini tidak akan keluar tahun ini.

"Sikap Pemprov DKI, khususnya BPTSP sudah jelas. Kami akan berlakukan Perda 5/2014. Semua operator transportasi harus taat aturan," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

metromini
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top