Pembangunan ITF di Sunter Segera Dibangun Tahun Ini

Pembangunan ITF di Sunter Segera Dibangun Tahun Ini
Newswire | 14 Maret 2017 20:48 WIB
Seorang anak memerlihatkan buku tabungan Bank Sampah di tempat penampungan Bank Sampah Pusat di Makasar, Sulawesi Selatan, Selasa (21/2). - Antara/Darwin Fatir

Bisnis.com, JAKARTA - Pembangunan Intermediate Treatment Facility (ITF) di Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara, akan direalisasikan tahun ini.

Wakil Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Ali Maulana Hakim mengungkapkan, rencana pembangunan ITF sudah disosialisasikan kepada warga sekitar.

"Insya Allah pembangunan ITF dengan kapasitas 2.000 ton sampah per hari dapat terlaksana tahun ini," kata Ali, usai diskusi publik bertajuk Darurat Sampah Jakarta: Fakta dan Solusi, di Gedung Nyi Ageng Serang, Jakarta Selatan, Selasa (14/3).

Menurutnya, sampah di Jakarta mencapai 7.000 meter kubik per hari. Berbagai upaya terus dilakukan untuk mereduksi sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

"Kita juga gencarkan keberadaan Bank Sampah agar dapat dilakukan pemilahan sejak dini," ujarnya.

Sementara, Direktur Pusat Teknologi Lingkungan BPPT Rudy Nugroho menegaskan, di semua negara maju, pasti punya fasilitas ITF dengan teknologi insinerasi.

"Hanya dengan teknologi modern pengolahan sampah akan efektif. Melalui ITF, 90 persen sampah bisa dimusnahkan," tandasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
itf

Sumber : Berita Jakarta
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top