DKI Rilis Aplikasi Oyes Pasar Jaya untuk Pangkas Ongkos Logistik

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperkenalkan aplikasi Oyes Pasar Jaya yang berguna untuk memangkas ongkos logistik para pedagang yang berada di naungan PD Pasar Jaya.
Regi Yanuar Widhia Dinnata | 17 April 2018 16:34 WIB
Pasar di Jakarta dikelola PD Pasar Jaya - pdpasarjaya.co.id

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperkenalkan aplikasi Oyes Pasar Jaya yang berguna untuk memangkas ongkos logistik para pedagang yang berada di naungan PD Pasar Jaya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno mengatakan bahwa aplikasi Oyes Pasar Jaya ini bisa dimanfaatkan bagi pedagang yang memiliki kartu pedagang PD Pasar Jaya. Adapun para pemegang kartu ini tidak harus datang langsung ke Pasar Induk Kramatjati untuk membeli persediaan sehingga bisa menghemat ongkos. Para pedagang ini bisa memesan secara langsung bahan pokok melalui aplikasi Oyes Pasar Jaya yang sudah tersedia di Play Store untuk pengguna Android.

"Nanti datang dengan sendirinya dan biayanya sangat terjangkau. Tidak perlu ke JakGrosir," kata Sandi, Selasa (17/4/2018).

Menurutnya, pedagang yang menggunakan aplikasi Oyes Pasar Jaya ini tidak perlu khwatir akan pasokan bahan pokok. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI beserta pemangku kepentingan lain akan mengamankan persediaan bagi pemesanan melalui aplikasi ini, bahkan dengan harga yang terjangkau pada saat menjelang Ramadan tahun ini.

"Saya instruksikan kepada Dirut PD Pasar Jaya, Arief Nasrudin, Dirut Food Station Tjipinang Jaya, Arief Prasetyo Edi ke depan kita dorong pedagang-pedagang ini bisa mengakses produk-produk dengan pasokan yang terjamin. Jangan sampai ada kelangkaan pasokan [dan] tersendatnya distribusi," imbuhnya.

Adapun untuk menggunakan aplikasi Oyes Pasar Jaya ini, pedagang bisa mendaftarkan diri melalui nomor kartu pedagang PD Pasar Jaya. Pesanan yang dilakukan oleh pedagang melalui aplikasi Oyes Pasar Jaya akan segera dikirim dengan waktu maksimal 1x24 jam.

Pemprov DKI menilai aplikasi Oyes Pasar Jaya ini telah bisa digunakan per hari ini. "Oyes [Pasar Jaya] dilaunching dan sudah diunduh 80.000 oleh para pedagang PD Pasar Jaya," klaim Sandi.

Seperti diketahui, acara perkenalan aplikasi Oyes Pasar Jaya ini berlangsung di Pasar Koja Baru, Tugu Utara, Jakarta Utara, pada Selasa (17/4/2018). Turut hadir dalam acara tersebut, yaitu Walikota Jakarta Utara, Husein Murad, Dirut PD Pasar Jaya, Arief Nasrudin, Dirut Food Station Tjipinang Jaya, Arief Prasetyo Edi, Dirut PT Optima Inti Selaras selaku pembuat aplikasi OYES, Muhammad Lutfi Bakrie.

Sebelumnya, Pemprov DKI mengapresiasi aplikasi Zahir Simply besutan dari PT Zahir Internasional yang berniat membantu program One Kecamatan One Center for Entrepreneurship (OK OCE). Adapun yang bisa dibantu oleh Zahir Simply adalah sistem pencatatan atau laporan keuangan yang bisa digunakan langsung dalam sistem operasi Android.

Pemprov DKI mencatat, aplikasi ini dapat membantu anggota OK OCE untuk mengetahui cash flow (perputaran uang) ketika terjun di dunia usaha. Selain itu, adanya pencatatan keuangan yang baik maka pihak bank akan mempermudah pemberian modal usaha.

Tag : pd pasar jaya, ongkos logistik
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top