Anies Ajak Masyarakat Gunakan Kemasan Ramah Lingkungan saat Berkurban

Imbauan itu turut disampaikan secara resmi lewat Seruan Gubernur DKI Jakarta Nomor 4 Tahun 2019 tentang Pemotongan Hewan Kurban dalam Rangka Hari Raya Idul Adha 1440 H/2019 M tertanggal 25 Juli 2019.
Annisa Margrit
Annisa Margrit - Bisnis.com 28 Juli 2019  |  13:31 WIB
Anies Ajak Masyarakat Gunakan Kemasan Ramah Lingkungan saat Berkurban
Hewan kurban di Pasar Hewan tanah Abang Jakarta Pusat. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Menjelang Iduladha 2019, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali mengimbau masyarakat untuk tidak menggunakan plastik sekali pakai ketika mendistribusikan daging kurban.
 
Dalam akun Instagram resminya, Minggu (28/7/2019), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunggah ulang unggahan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta yang meminta masyarakat untuk menggunakan kemasan ramah lingkungan ketika mendistribusikan daging kurban.
 
Imbauan itu disebut sesuai dengan Seruan Gubernur DKI Jakarta Nomor 4 Tahun 2019 tentang Pemotongan Hewan Kurban dalam Rangka Hari Raya Idul Adha 1440 H/2019 M tertanggal 25 Juli 2019.
 

View this post on Instagram

Mari berbagi dan tetap menjaga bumi. #Repost @dinaslhdki. · · · #sobatjakarta menjelang Hari Raya Idul Adha tanggal 11 Agustus 2019, kita harus beralih menjadi lebih baik dan lebih berkah. Dengan tidak menggunakan Kantong Plastik Sekali Pakai. Kenapa? Pastinya kemasan harus Aman, Ramah Lingkungan, dan tidak menjadi sampah. Sesuai dengan Seruan Gubernur DKI Jakarta No. 4 Th. 2019. Tidak menggunakan Kantong Plastik Hitam atau Kantong Plastik Sekali Pakai sebagai wadah daging kurban menggunakan alternatif pembungkus daging ramah lingkungan membawa wadah sendiri yang terbuat dari bahan Ramah Lingkungan saat mengambil hak atas hewan kurban #noplasticbags #plastiksekalipakai #DinasLHDKIJakarta @dkijakarta @aniesbaswedan @kementerianlhk

A post shared by Anies Baswedan (@aniesbaswedan) on

Sebagai ganti kantong plastik, masyarakat diminta menggunakan alternatif pembungkus daging ramah lingkungan dan membawa wadah sendiri yang terbuat dari bahan ramah lingkungan saat mengambil hak atas hewan kurbannya.
 
"Pastinya kemasan harus aman, ramah lingkungan, dan tidak menjadi sampah," demikian disampaikan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.
 
Anies pun mengajak masyarakat ibu kota untuk terus berbagi dan tetap menjaga Bumi.
 
Beberapa hari lalu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih sudah menyampaikan hal serupa. 
 
"Kami imbau agar panitia kurban menggunakan wadah yang ramah lingkungan, seperti daun pisang, daun talas, besek bambu, besek daun kelapa, besek daun pandan, atau bahan ramah lingkungan lainnya yang mudah dijumpai di Jakarta," paparnya. 
 
Kantong plastik membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terurai secara alamiah. Selain itu, kantong kresek hitam dinilai memiliki kandungan yang berbahaya untuk makanan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
idul adha, dki jakarta

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top