Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dua BUMD DKI Bangun Proyek Rumah Samawa DP Nol Rupiah Selanjutnya, Ini Lokasinya

Program Rumah Samawa DP Nol Rupiah memasuki babak baru. Dua Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) telah ditunjuk untuk menggenjot pembangunan rumah tanpa uang muka ini di dua lokasi berbeda.
Rumah DP nol rupiah di Rorotan Cilincing Jakarta Utara/JIBI-Nur Faizah al Bahriyatul Baqiroh
Rumah DP nol rupiah di Rorotan Cilincing Jakarta Utara/JIBI-Nur Faizah al Bahriyatul Baqiroh

Bisnis.com, JAKARTA — Program Rumah Samawa DP Nol Rupiah memasuki babak baru. Dua Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) telah ditunjuk untuk menggenjot pembangunan rumah tanpa uang muka ini di dua lokasi berbeda.

Dua lokasi tersebut, yakni di Rorotan Jakarta Utara yang akan dibangun PT Jakarta Propertindo (Jakpro). Sementara di Cilangkap, Jakarta Timur akan dibangun oleh Perumda Pembangunan Sarana Jaya.

Seperti diketahui, dua pengadaan Rumah Samawa DP Nol Rupiah ini menyusul 780 unit Rumah Samawa tahap pertama di Klapa Village, Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur yang juga dibangun Perumda Pembangunan Sarana Jaya di atas lahan 29.758 m2.

Direktur Utama Perumda Pembangunan Sarana Jaya Yoory C Pinontoan berharap pembangunan Rumah DP Nol Rupiah di Cilangkap bisa dimulai dengan tahap groundbreaking pada akhir 2019.

"Kalau dari pengalaman di Klapa Village, karena lahan dan spesifikasinya hampir sama, rencananya selesai konstruksi setelah 18 bulan," ujarnya kepada Bisnis, Senin (2/9/2019).

Yoory menjelaskan bahwa nantinya akan dibangun 4 tower. Satu tower untuk Rumah Samawa, sementara tiga lainnya untuk unit komersial dengan jumlah unit per tower sekitar 700-800 unit.

Pembangunan ini akan dibiayai secara campuran, dengan Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dan Penyertaan Modal Daerah (PMD) dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) pemprov DKI Jakarta tahun 2019 dan 2020.

"Kita sudah dapat PMD untuk pengadaan tanah. Tinggal modal pembangunannya sedang kita ajukan untuk tahun anggaran 2020," tambahnya.

Sementara itu, Direktur Utama Jakpro Dwi Wahyu Daryoto dalam pembahasan bersama DPRD DKI Jakarta pada pertengahan Agustus lalu, mengungkapkan bahwa pembangunan Rumah DP Nol Rupiah di Rorotan merupakan salah satu proyek yang akan dihandle Jakpro hingga 2021.

Dalam dokumen rincian alokasi anggaran PMD yang diterima Bisnis, Jakpro membutuhkan modal Rp100 miliar pada 2019, Rp854 miliar pada 2020, dan Rp854 miliar lagi pada 2021 untuk pembangunan Rumah DP Nol Rupiah ini.

Berikut rencana pembangunan kedua lokasi Rumah Samawa DP Nol Rupiah selanjutnya:

 Nuansa Cilangkap DP Nol Rupiah Rorotan
 (Perumda Pembangunan Sarana Jaya)(PT Jakarta Propertindo)
Luas lahan28.000 m236.587 m2
Jumlah Tower4 tower8 tower
Prediksi Jumlah unit2.500 unit4200 unit
Unit untuk DP Nol Rupiah700-800 unit2940 unit
Unit Komersial1700-1800 unit1260 unit
Target selesai KonstruksiQ1 2021Q3 2022
Modal Pembiayaan AwalPMD APBD-P 2019 Rp800 miliar
PMD APBD 2020 Rp600 miliar
PMD APBD 2019 Rp100 miliar
PMD APBD 2020 Rp854 miliar
PMD APBD 2021 Rp854 miliar
   



Sementara itu, Kepala Unit Fasilitas Pemilikan Rumah Sejahtera Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Dzikran Kurniawan menjelaskan kepada Bisnis bahwa pemprov sebenarnya tidak hanya mengandalkan dua pengadaan rumah ini untuk memenuhi supply rumah Samawa.

Terlebih, untuk menutup target pengadaan program perumahan ini pada 2020, sebab dua pembangunan oleh dua BUMD tersebut baru bisa terwujud pada 2021 dan 2022.

Dalam hal ini, Dzikran mengungkap telah ada beberapa developer swasta dan BUMN yang berminat bekerja sama menyediakan Rumah DP Nol Rupiah.

"Program ini sebenarnya program pembiayaan. Jadi membantu masyarakat yang belum bisa mengakses perbankan untuk memiliki rumah, jadi bisa. Supply-nya kita tetap memakai mekanisme pasar. Siapapun developer yang mau kerja sama, kami persilakan, mau unitnya berapa, di mana, nanti dari kita kasih [rekomendasi] masyarakat yang InsyaAllah bisa mencicil rumah itu," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Aziz Rahardyan
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper