Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cegah Penyebaran Corona, Layanan Transjakarta Dibatasi 13 Rute

Pada 16 - 30 Maret 2020 layanan Transjakarta hanya beroperasi di 13 rute dengan waktu operasional mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.
Penumpang melewati tangga untuk menaiki bus transjakarta di Halte Harmoni, Jakarta, Selasa (3/3/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Penumpang melewati tangga untuk menaiki bus transjakarta di Halte Harmoni, Jakarta, Selasa (3/3/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - PT Transportasi Jakarta memberlakukan pola operasi khusus untuk bus Transjakarta selama dua pekan ke depan untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona atau COVID - 19.

Pemberlakuan pola operasi khusus tersebut dimulai pada Minggu (15/3/2020) malam dengan memberhentikan layanan AMARI (Angkutan Malam Hari).

Kemudian, pada 16 - 30 Maret 2020 layanan Transjakarta hanya beroperasi di 13 rute dengan headway 20 menit dan waktu operasional mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Seluruh layanan non koridor atau non BRT, Royaltrans, dan Mikrotrans ditiadakan.

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas Transportasi Jakarta Nadia Diposanjoyo langkah ini diambil untuk menindaklanjuti instruksi Gubernur DKI, Anies Rasyid Baswedan yang diumumkan sore ini pukul 17.00 WIB perihal pembatasan layanan angkutan umum di DKI Jakarta secara ekstrem untuk mengurangi potensi penularan virus corona.

Penetapan pengurangan interaksi fisik akan diterapkan di halte dan bus Transjakarta yang melintas di 13 koridor. Hal ini dilakukan dengan memberikan jarak antar individu sejauh satu hingga dua meter dalam ruang publik transportasi seperti di halte dan di dalam bus.

"Untuk di halte, Transjakarta akan memberikan marka dimana pelanggan harus berdiri dengan jarak yang sudah diatur. Untuk di Bus, pelanggan akan dilakukan pengaturan jarak duduk sehingga meminimalisasi interaksi fisik antar pelanggan," katanya dalam keterangan resmi yang diterima oleh Bisnis, Minggu (15/3/2020).

Dia menjelaskan petugas halte dan petugas keamanan akan membantu pengaturan duduk di dalam bus dan diharapkan pelanggan dapat ikut seperti arahan yang ditentukan untuk kesehatan dan kenyamanan pelanggan.

"Transjakarta juga akan menerapkan pembatasan jumlah pelanggan pada halte dan mengharapkan kesabaran pelanggan untuk ikut dalam tata tertib yang telah diberlakukan," ujar Nadia.

Lebih jauh Transjakarta juga melipatgandakan sanitasi halte dan bus dengan melakukan pencucian bus dan interiornya lebih sering, melakukan pembersihan seluruh interior halte dengan interval yang lebih sering juga pemasangan seluruh hand sanitizer di bus dan memastikan ketersediaan isi ulangnya di halte dan bus.

Selain itu, Transjakarta juga mengubah pola pengurusan kartu gratis. Pengurusan secara langsung ke kantor kami istirahatkan terlebih dahulu. Pelanggan kami sarankan untuk melakukan pengurusan melalui sistem online layanan pelanggan 1500-102 atau e-mail [email protected]

Berikut adalah nomor bus, tujuan dan rute yang beroperasi mulai tanggal 16-30 maret 2020 :

1. BLOK M - KOTA

2. PULO GADUNG 1 - HARMONI

3. KALIDERES - PASAR BARU

4. PULO GADUNG 2 - TOSARI

5. KAMPUNG MELAYU - ANCOL

6. RAGUNAN - HALIMUN

7. KAMPUNG RAMBUTAN - KAMPUNG MELAYU

8. LEBAK BULUS - HARMONI

9. PINANG RANTI - PLUIT

10. PGC 2 - TANJUNG PRIOK

11. KAMPUNG MELAYU - PULO GEBANG

12. PENJARINGAN - SUNTER BOULEVARD BARAT

13. 13A PURI BETA - BLOK M

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rezha Hadyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper