Jakarta Disemprot Disinfektan, Hujan Bukan Halangan

Penyemprotan dengan menggunakan disinfektan berlangsung di sejumlah titik di Jakarta. Wilayah Kota Tua, salah satu ikon wisata DKI Jakarta pun mengalami penyemprotan saat hujan masih menitikkan airnya.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 22 Maret 2020  |  12:47 WIB
Jakarta Disemprot Disinfektan, Hujan Bukan Halangan
Ilustrasi-Petugas menggunkan pakaian khusus saat melakukan penyemprotan cairan disinfektan saat proses sterilisasi pada pesawat Lion Air Boeing 737-800 di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (17/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Penyemprotan dengan menggunakan disinfektan berlangsung di sejumlah titik di Jakarta. Wilayah Kota Tua, salah satu ikon wisata DKI Jakarta, pun mengalami penyemprotan saat hujan masih menitikkan airnya.

Penyemprotan disinfektan untuk mengusir virus Corona di kawasan Kota Tua, Tamansari, Jakarta Barat, tidak terhalang hujan lebat yang mengguyur Jakarta pada Minggu pagi.

Kepala Seksi Operasi Pemadam Kebakaran Jakarta Barat, Eko Sumarno mengatakan, hujan membuat penyebaran cairan disinfektan terbantu dan semakin baik.

"Kemungkinan makin bagus, karena jadi menyebar cairannya, dan penyemprotan ini harus dilakukan berulang-ulang apalagi di sarana umum," ujar Eko.

Penyemprotan kawasan Kota Tua dimulai jam 06.00 WIB. Kawasan yang didisinfeksi oleh petugas Damkar Jakarta Barat, yakni Lapangan Fatahillah dan museum di sekitarnya.

Kegiatan tersebut sempat berhenti pukul 08.00 WIB akibat hujan deras yang mengguyur sebagian besar kawasan Jakarta Barat.

Proses tersebut kemudian dilanjutkan lagi hingga pukul 11.00 WIB di sepanjang Jalan Kunir, Jalan Kemukus, Jalan Stasiun Kota, Jalan Museum Bank Mandiri dan Jalan Kali Besar Timur.

Sekitar 20 personel dikerahkan menggunakan dua unit penyemprot kapasitas 4.000 liter dan dua unit penyemprot kapasitas 10.000 liter untuk disinfeksi.

Selain di Jakarta Barat, penyemprotan disinfektan dilakukan di Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan dan Jakarta Utara.

Pemerintah DKI Jakarta mengagendakan penyemprotan cairan disinfektan secara masif di lima wilayah kota administrasi pada Minggu (22/3/2020) dalam rangka pencegahan penyebaran virus Corona (COVID-19).

Seperti dikutip dari Antara, Sabtu (21/3/2020), kebijakan itu tertuang dalam nota dinas Sekretariat Daerah Provinsi DKI Jakarta.

Dalam surat itu disebutkan Pemprov DKI akan melakukan penyemprotan disinfektan di lima wilayah kota, baik di dalam ruangan (indoor) maupun luar ruangan (outdoor). Adapun titik lokasi penyemprotan adalah sebagai berikut

Kota Jakarta Pusat: Jalan Medan Merdeka Selatan, Jalan Medan merdeka Timur, Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Medan Merdeka Utara, Jalan MH Thamrin dan Jalan Jenderal Gatot Subroto.

Kota Jakarta Selatan: Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Antasari, Jalan TB Simatupang, Jalan RA Kartini Pasar Jumat dan Jalan Sisingamangaraja SMK 29 Penerbangan.

Kota Jakarta Barat : Jalan S Parman, Jalan Daan Mogot, Jalan Kyai Tapa, Jalan Raya Tomang, Jalan Latumenteng.

Kota Jakarta Utara : Jalan Yos Sudarso, Jalan Raya Kelapa Gading, Jalan Perintis Kemerdekaan dan Jalan Raya Plumpang.

Kota Jakarta Timur : sepanjang Jalan Raya Bogor sampai dengan perbatasan Jalan Dewi Sartika, Jalan Otista Raya, Jalan Matraman Raya, Jalan Pramuka, Jalan Ahmad Yani dan Jalan Pandjaitan.

Penyemprotan disinfektan dilakukan oleh Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Provinsi DKI Jakarta. Personel yang dikerahkan di tiap-tiap wilayah kota sebanyak 100 petugas pemadam kebakaran.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jakarta, kota tua, Virus Corona

Sumber : Antara

Editor : Saeno
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top