Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Minggu Depan CFD Masih Berlaku di 32 Lokasi Jakarta

Hari bebas kendaraan bermotor atau car free day masih akan diberlakukan di Jakarta. Pesepeda mendapat ruang lebih luas.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 01 Juli 2020  |  17:59 WIB
Warga berolahraga saat hari bebas berkendara atau Car Free Day (CFD) di kawasan Jalan M.H. Thamrin, Jakarta, Minggu (21/6/2020). - ANTARA/Galih Pradipta
Warga berolahraga saat hari bebas berkendara atau Car Free Day (CFD) di kawasan Jalan M.H. Thamrin, Jakarta, Minggu (21/6/2020). - ANTARA/Galih Pradipta

Bisnis.com, JAKARTA - Pesepeda mendapat kesempatan lebih luas untuk berkendara di Jakarta. Hal itu tersirat dari penyataan Gubernur DKI Anies Baswedan, Rabu (1/7/2020).

Anies menyebutkan, kawasan yang selama ini dikenal sebagai kawasan bebas kendaraan bermotor akan menjadi kawasan bagi pesepeda.   

"Lagipula itu namanya bukan lagi CFD [car free day]. Tapi Kawasan Pesepeda, kenapa? Untuk mendorong agar masyarakat menggunakan sepeda, agar jarak aman bisa dipakai," ujar Anies.

Anies menyebutkan kebijakan itu diambil berdasarkan evaluasi atas HBKB (hari bebas kendaraan bermotor atau car free day] di ruas Sudirman-Thamrin.

Anies menyebutkan di kawasan HBKB itu terjadi kerumunan karena warga beristirahat selepas berlari atau berjalan kaki.

Anies menyadari bahwa masyarakat memiliki kebutuhan akan ruang terbuka untuk berolahraga. Bahkan, ujarnya, di Gelora Bung Karno orang sampai antre untuk masuk.

"Sebagian rumahnya tidak besar, kampungnya tidak ada ruang, makanya butuh ruang terbuka terutama di hari libur. Di sisi lain kita tetap mempertahankan kebutuhan keselamatan," ujar Anies.

Oleh sebab itu, untuk minggu depan, Anies masih akan meneruskan kebijakan HBKB di 32 lokasi Jakarta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

car free day
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top